Share

Kenali 5 Ancaman Komplikasi Serius Akibat HIV dan AIDS

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
HIV/AIDS, (Foto: Freepik)

HIV dan AIDS masih menjadi masalah kesehatan global, termasuk Indonesia. Human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) merupakan dua sejoli yang belakangan ini mencuat kembali.

Pasalnya, kabar infeksi virus HIV AIDS secara masif belakangan ini menggegerkan masyarakat Indonesia. Tercatat, sekitar 414 orang status pelajar atau mahasiswa di Bandung disebut-sebut terinfeksi virus tersebut.

Umumnya, kematian akibat HIV dan AIDS ini disebabkan oleh komplikasi yang menjangkiti pengidapnya. Lantas, apa saja komplikasi HIV dan AIDS yang bisa menyerang pengidapnya? Berikut ulasannya, dikutip dari Halodoc, Minggu, (28/8/2022).

1.Pneumocystis pneumonia (PCP): Komplikasi PCP, infeksi jamur ini bisa menyebabkan penyakit parah. Contohnya di Amerika Serikat, PCP disebut masih menjadi penyebab pneumonia paling umum pada orang yang terinfeksi HIV.

2.Tuberkulosis (TB): Merupakan bentuk infeksi oportunistik paling umum yang terkait dengan HIV di beberapa negara. Penyakit ini menjadi penyebab utama kematian di antara orang-orang dengan AIDS.

Follow Berita Okezone di Google News

3.Kandidiasis: Ialah komplikasi HIV yang terbilang umum, kondisi Ini menyebabkan peradangan dan lapisan putih tebal di mulut, lidah, kerongkongan, atau vagina.

4.Sitomegalovirus: Virus herpes yang umum ini ditularkan lewat berbagai cairan tubuh. Mulai dari air liur, darah, urin, air mani dan ASI. Sistem imun yang sehat akan menonaktifkan virus, sehingga virus tetap tidak aktif di tubuh. Namun, ketika sistem kekebalan tubuh melemah (akibat AIDS), virus bisa hadir lagi. Hati-hati, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada mata, saluran pencernaan, paru-paru, atau organ lainnya loh!

5.Meningitis kriptokokus: Peradangan pada selaput dan cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (meninges), sedangkan meningitis kriptokokus adalah infeksi sistem saraf pusat yang umum terkait dengan HIV. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang ditemukan di tanah.

 BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Bandung Terpapar HIV, Begini Ciri-Ciri Kena Penyakit Menular Seksual

BACA JUGA:HIV/AIDS Penyakit Mematikan, Simak Yuk 5 Cara Penularannya!

1
3