Share

Studi: Jangan Mager! Jalan Kaki 2 Menit Usai Makan Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2022 21:40 WIB
$detail['images_title']
ilustrasi berjalan kaki, (Foto: Freepik)

JALAN kaki adalah aktivitas sederhana yang biasa dilakukan banyak orang dalam sehari-hari. Terlihat sederhana, tapi jalan kaki memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari menjaga berat badan, meningkatkan suasana hati, hingga mengontrol tekanan darah.

Bahkan, merujuk pada penelitian terbaru, mendapati jalan kaki selama dua menit dapat menurunkan gula darah dan risiko terkena diabetes tipe 2.

Hal ini terungkap lewat suatu studi terbaru, yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine. Penelitian ini digelar untuk meneliti dampak duduk dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan berjalan dengan intensitas ringan atau berdiri pada penanda kesehatan kardiometabolik.

Peserta studi dimasukkan ke dalam kelompok berjalan atau berdiri dan diinstruksikan untuk berjalan atau berdiri selama dua hingga lima menit setiap 20 hingga 30 menit selama satu hari. Dua dari tujuh, termasuk peserta dengan dan tanpa diabetes. Lima sisanya termasuk peserta tanpa riwayat diabetes.

Hasilnya? Para peneliti menemukan bahwa beberapa menit berjalan lambat ini sudah cukup untuk membuat penurunan kadar gula darah.

Follow Berita Okezone di Google News

“Penelitian telah dengan jelas menunjukkan bahwa olahraga ringan, termasuk hanya berjalan kaki, setelah makan dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan,” kata Dr. Nick West, MD, kepala petugas medis dan wakil presiden divisi urusan medis global di Abbott, dikutip dari Prevention, Minggu (28/8/2022).

Secara khusus, berjalan dalam waktu 60 hingga 90 menit setelah makan (ketika kadar gula darah mencapai puncaknya) dikaitkan dengan perubahan kadar gula darah yang lebih bertahap dibandingkan dengan duduk atau berdiri.

Ini penting bagi orang-orang dengan pre-diabetes atau jenis diabetes lain yang ingin menghindari perubahan gula darah yang dramatis.

Dalam penelitian yang sama, peneliti juga mengukur kesehatan jantung melalui tekanan darah sistolik, gula darah post prandial, dan insulin. Hasilnya, studi ini tidak menemukan pengaruh signifikan pada insulin atau tekanan darah. Penelitian justru menemukan bahwa berdiri, bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meski tidak pada tingkat yang sama dengan berjalan.

“Selain turunkan risiko diabetes tipe 2, berjalan kaki setelah makan dapat mengatasi kembung serta memperbaiki jam tidur di malam hari,” tambah Dr. Nick West

Bahkan, hanya dengan berjalan kaki 10 menit, suasana hati Anda juga bisa meningkat. Sehingga, dokter sangat merekomendasikan untuk jalan kaki setelah makan ke dalam rutinitas sehari-hari. Apalagi olahraga satu ini gratis, mudah, dan bisa disesuaikan dengan jadwal rutin Anda.

1
2