Share

Berhubungan Seks Lewat Anal, Dokter Boyke: Kemungkinan Besar Bisa Tertular HIV

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Potensi penularan HIV lewat seks anal, (Foto: Reuters)

MARAKNYA kasus HIV di Bandung, Jawa Barat menjadi kewaspadaan tersendiri bagi masyarakat. Terlebih sebagian dari mereka yang terinfeksi, rentan umur 20-29 yakni usia produktif. Salah satu penularannya adalah melalui seksual, terlebih melakukannya melalui belakang (anal seks).

Seksologi, dr. Boyke Dian Nugraha mengatakan, melakukan anal seks dan berhubungan saat haid akan berakibat fatal pada kesehatan, baik dari pihak laki-laki maupun perempuan.

Ketika seseorang melakukan anal seks, atau berhubungan seks melalui belakang, kata dr. Boyke nantinya akan membuat lubang anus menjadi robek atau rusak.

"Karena pembuluh darah di situ (anus) banyak, dan menularkan berbagai penyakit seperti Hepatitis C, HIV bahkan penyakit-penyakit lainnya," terang dr. Boyke saat menjadi bintang tamu di acara Hotman Paris Show, iNews Tv belum lama ini.

Begitu juga bahaya yang mengintai, ketika berhubungan seks saat wanita atau istri sedang haid atau menstruasi. Risikonya bermacam-macam yang akan terjadi.

Follow Berita Okezone di Google News

"Pertama infeksi kelamin," imbuhnya.

Dokter Boyke mengungkapkan, saat wanita sedang menstruasi maka keadaan vagina akan lebih asam, sehingga semua virus dan kuman semua berkumpul. Inilah yang membuat virusnya menjadi bertambah.

saat berhubungan seksual, maka area vagina yang sedang bertumpuk virus tersebut akan mengangkat kembali melalui darah dan menyentuh sel telur.

Dokter Boyke memperingatkan, sejatinya dalam berhubungan seksual, setiap orang harus memperhatikan mempertimbangkan peluang akan bahaya yang mengancam untuk kesehatan.

"Yang harus diperhatikan itu bahaya-bahaya medis, jangan mau enaknya saja," pungkasnya. 

1
2