Share

5 Latihan Mudah yang Cocok untuk Atasi Perut buncit

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 18:37 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Perut Buncit. (Foto: Shutterstock)

PERUT buncit memang bisa menjadi ciri beberapa penyakit. Dalam dunia medis disebut obesitas sentral dan menurut penelitian memiliki risiko tinggi mengalami penyakit jantung dan diabetes.

Untuk menghilangkan perut buncit, memang tidak bisa dilakukan secara cepat. Bagi mereka yang tidak ingin menjalani operasi, olahraga dan pola makan pun bisa menjadi solusi mengecilkan perut buncit.

Berikut telah MNC Portal rangkum dari Pinkvilla, ini 5 gerakan yang ampuh membakar lemak dan mengecilkan perut dengan cepat.

Angkat kaki saat berbaring

Ini adalah salah satu latihan termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi lemak perut Anda. Gerakan ini cukup sederhana namun sangat efektif karena mempengaruhi perut bagian bawah, perut bagian atas, paha depan, hamstring, dan glutes.

Jadi, untuk melakukan ini, berbaringlah di permukaan dengan ibu jari di bawah pinggul dan telapak tangan rata di lantai. Kemudian, angkat kedua kaki Anda ke udara pada 90 derajat dan perlahan-lahan turunkan kembali. Namun, tepat sebelum mereka menyentuh tanah, angkat lagi.

Crunch

Crunch adalah latihan paling umum yang dapat mengurangi lemak perut Anda dalam waktu singkat. Jika Anda terus melakukannya, Anda mungkin akan mendapatkan perut six pack, karena gerakan ini menargetkan perut bagian atas dan bawah Anda dan membantu Anda mengurangi lemak perut.

Untuk melakukan ini, berbaringlah di permukaan yang rata dan tekuk lutut Anda untuk meletakkan kedua kaki Anda di tanah. Kemudian, letakkan tangan Anda di belakang kepala dan cobalah untuk menekuk kepala ke arah lutut sebanyak yang Anda bisa. Setelah posisi terjauh, kembali ke posisi awal lagi untuk memulai pengulangan lainnya. Pastikan untuk menarik napas saat Anda naik dan buang napas saat Anda turun.

Sit-up

Gerakan sit-up juga dapat mengurangi lemak perut Anda dengan cepat. Tentunya gerakan ini dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Caranya, Anda harus terlebih dahulu berbaring dengan lutut tertekuk dan tangan di belakang kepala. Kemudian, gunakan kekuatan inti Anda untuk menarik tubuh bagian atas dan pergi ke posisi duduk.

Setelah itu, secara perlahan kembali ke posisi awal Anda untuk mencoba menarik tubuh bagian atas lagi. Ulangi gerakan ini beberapa kali dalam set dan pastikan untuk istirahat 10 detik setelah setiap set.

Burpee

Burpee adalah latihan lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi lemak perut Anda. Ini adalah kombinasi push-up dan melompat, sangat cocok untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap aktif. Awali dengan posisi berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lengan di sisi tubuh.

Lalu, turunkan tubuh Anda dengan sedikit mencondongkan badan ke depan sambil menekuk kedua lutut layaknya ingin duduk di kursi dan pastikan punggung tetap lurus. Letakkan telapak tangan di lantai di depan kaki. Pastikan kedua lengan tegak lurus dengan lantai.

Setelah itu, lompatkan kedua kaki ke belakang secara bersamaan dengan bertumpu pada lengan hingga akhirnya Anda berada dalam postur papan atau seperti ingin melakukan push up. Lakukan satu kali gerakan push up sambil menjaga tubuh agar tetap membentuk garis lurus dari kepala sampai tumit.

Lalu, berdiri dan melompatlah ke udara sambil menggapaikan lengan di atas kepala hingga mendarat seperti posisi semula. Segera setelah mendarat dengan lutut ditekuk, ambil posisi jongkok dan ulangi lagi langkah-langkah tersebut dari awal. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam set dan pastikan untuk istirahat 10 detik setelah setiap set.

Plank

Plank adalah salah satu latihan terbaik yang dapat Anda lakukan di mana saja. Gerakan ini menargetkan inti Anda, bahu, bisep, glutes, dan rektus abdominis dan membakar kalori yang cukup untuk mengurangi kelebihan lemak perut.

Jadi, untuk melakukan plank, pertama-tama berlututlah di atas matras dan letakkan siku Anda di atasnya. Lalu, secara bertahap rentangkan kedua kaki Anda ke luar dan pertahankan leher dan pinggul Anda pada garis yang sama. Tahan posisi papan ini setidaknya selama 30-35 detik. Mudah, kan?

1
2