Share

5 Cara Ampuh Atasi Insomnia, Tak Perlu Keluar Uang Loh

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 17:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Insomnia. (Foto: Shutterstock)

INSOMNIA mungkin menjadi salah satu masalah tidur yang banyak dialami orang-orang. Berbagai cara pun dilakukan agar insomnia bisa sembuh, dan dapat tidur dengan nyenyak di waktu yang tepat untuk istirahat.

Nah, seperti dilansir dari laman Health Line, berikut ini lima cara mengobati insomnia, supaya Anda bisa tidur nyenyak.

Yoga

Yoga dipercaya memiliki efek positif pada kualitas tidur. Olahraga ini sama dengan meditasi, di mana dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental.

Pilih gaya yang lebih berfokus pada meditasi bergerak, atau latihan pernapasan sebagai lawan dari gerakan fisik yang sulit. Gerakan lambat dan terkontrol memungkinkan Anda untuk tetap hadir dan fokus. Yin dan yoga restoratif adalah pilihan tepat.

Upayakan untuk melakukan beberapa sesi lebih lama setiap minggu, dan setidaknya 20 menit latihan mandiri setiap hari. Melakukan postur tubuh sebelum tidur dapat membantu Anda untuk rileks dan melepas lelah.

Insomnia

Meditasi Kesadaran

Sambil duduk tenang, ambil napas secara perlahan dan lakukan berulang. Hal ini dapat mengamati kondisi fisik dan mental Anda yang sedang tidak stabil. Anda bisa melakukannya saat pagi atau sore hari.

Meditasi kesadaran memiliki banyak manfaat kesehatan yang sejalan dengan gaya hidup sehat, serta mendorong tidur lebih nyenyak. Kemudian bisa mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kekebalan.

Peneliti di a Studi 2011 menemukan, bahwa meditasi secara signifikan meningkatkan insomnia dan pola tidur secara keseluruhan.

Pijat

Peneliti di a Studi 2015 menemukan, terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia, bisa meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi pada siang hari. Ini juga dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi.

Meskipun pijat umumnya aman, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu, jika Anda memiliki masalah kesehatan khusus yang dapat menghambat manfaatnya.

Olahraga

Kemudian olahraga, yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal imi dapat meningkatkan mood Anda, memberi lebih banyak energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Peserta dalam a Studi 2015 berolahraga setidaknya 150 menit per minggu selama enam bulan. Selama waktu ini, para peneliti menemukan bahwa seseorang mengalami gejala insomnia yang jauh lebih sedikit. Mereka juga menunjukkan gejala depresi dan kecemasan yang berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari.

Stop Overthinking

Salah satu penyebab orang sering begadang atau insomnia adalah kerap overthinking, yakni terlalu banyak hal-hal yang dipikirkan padahal itu belum tentu menjadi kenyataan.

Orang yang sering overthinking akan mengganggu ketenangan Anda, khususnya saat akan beristirahat. Maka dari itu hilangkan dulu pemikiran dan prasangka-prasangkan negatif yang terlintas di pikiran.

Cobalah tenang, berusaha tetap berpikir positif dan percaya apa yang Anda khawatirkan sebenarnya tidak akan terjadi.

1
2