Share

Ratusan Mahasiswa Bandung Terpapar HIV, Begini Ciri-Ciri Kena Penyakit Menular Seksual

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 15:31 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi HIV AIDS. (Foto: Shutterstock)

SEBUAH penelitian yang dilakukan Komisi penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung membuat heboh masyarakat. Pasalnya, dalam penelitian tersebut tercatat 414 mahasiswa di Bandung, Jawa Barat terjangkit HIV.

Tercatat hingga Desember 2021, terdapat 12.358 pengidap HIV AIDS yang melakukan pelayanan kesehatan di kota Bandung. Penularan virus HIV AIDS ini pun didominasi oleh usia produktif yakni usia 20-29 tahun.

HIV memang menjadi salah satu Infeksi menular seksual (IMS) atau penyakit menular seksual (PMS) yang bisa terjadi lewat hubungan intim. Selain HIV ada beberapa penyakit seks menular lainya seperti chlamydia, gonore, sifilis, herpes, dan HPV.

Lantas seperti apa ciri orang kena penyakit seks menular? berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber. Secara umum ciri yang muncul pada seseorang yang terkena penyakit seks menular, antara lain:

- Alami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama aktivitas seksual atau buang air kecil

- Adanya luka, benjolan, atau ruam pada atau di sekitar vagina, penis, testis, anus, bokong, paha, atau mulut

- Keluarnya cairan yang tidak biasa atau pendarahan dari penis atau vagina

- Bagian genital, seperti testis yang sakit atau bengkak

- Rasakan gatal di dalam atau di sekitar vagina

- Alami periode tak terduga atau pendarahan setelah aktivitas seksual

"Jika IMS berkembang menjadi PMS, gejalanya dapat bervariasi. Beberapa di antaranya mungkin mirip dengan di atas , seperti nyeri saat melakukan aktivitas seksual, nyeri saat buang air kecil, dan menstruasi yang tidak teratur atau menyakitkan," keterangan Healthline, dikutip pada Sabtu (27/8/2022).

Sementara menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada 26 juta kasus baru penyakit menular seksual (PMS) yang didiagnosis di Amerika Serikat pada tahun 2018. Jika tidak diobati, PMS dapat menyebabkan masalah serius seperti infertilitas, radang panggul penyakit, dan cacat lahir.

Kondisi seseorang kena penyakit seks menular, segera dilakukan pengecekan kesehatan lebih lanjut. Apabila masih aktif secara seksual dan memiliki gejala di atas.

PMS dapat dideteksi selama pemeriksaan fisik melalui Pap smear dan dalam tes darah, urin, dan sekresi genital dan anal. Sehingga tidak disarankan untuk mencoba mengobati PMS sendiri karena ini menular dan serius.

1
2