Share

5 Penyebab Rasa Sakit saat Buang Air Kecil Pada Perempuan, Nomor 3 Bikin Takut

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 09:04 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ADA 5 penyebab rasa sakit saat buang air kecil pada perempuan menarik untuk diulas.Buang air kecil yang menyakitkan (disuria) adalah istilah luas yang menggambarkan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Nyeri ini dapat berasal dari kandung kemih, uretra, atau perineum. Uretra adalah tabung yang membawa urin ke luar tubuh Anda.

Pada mereka yang memiliki penis, area antara skrotum dan anus dikenal sebagai perineum. Pada mereka yang memiliki vagina, perineum adalah area antara anus dan lubang vagina.

Sakit saat buang air kecil

Lantas apa saja 5 penyebab rasa sakit saat buang air kecil pada perempuan, simak disini.

Buang air kecil yang menyakitkan sangat umum. Rasa sakit, terbakar, atau menyengat dapat mengindikasikan sejumlah kondisi medis.

Dikutip dari Healthline, pria dan wanita dari segala usia dapat mengalami disuria, tetapi lebih sering terjadi pada wanita. Infeksi saluran kemih umumnya berhubungan dengan disuria. Perawatan tergantung pada penyebabnya dan berkisar dari antibiotik, menghindari iritasi hingga mengobati masalah medis yang mendasarinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut 5 penyebab rasa sakit saat buang air kecil :

1. Infeksi Saluran Kemih

Buang air kecil yang menyakitkan adalah tanda umum dari infeksi saluran kemih (ISK). ISK dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisa juga karena peradangan pada saluran kemih.

Uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal membentuk saluran kemih Anda. Ureter adalah saluran yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Peradangan di salah satu organ ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

Orang dengan vagina lebih mungkin mengembangkan ISK daripada orang dengan penis. Ini karena uretra lebih pendek pada mereka yang memiliki vagina. Uretra yang lebih pendek berarti bakteri memiliki jarak yang lebih pendek untuk melakukan perjalanan untuk mencapai kandung kemih.

2. Infeksi menular seksual (IMS)

Anda mungkin juga mengalami rasa sakit saat buang air kecil jika Anda terkena infeksi menular seksual (IMS). Beberapa IMS yang dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil termasuk herpes genital, gonore, dan klamidia.

Penting untuk diskrining untuk IMS, terutama karena mereka tidak selalu memiliki gejala. Banyak orang yang aktif secara seksual harus dites untuk IMS.

3. Prostat

Kondisi medis lainnya dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan. Orang dengan prostat mungkin mengalami buang air kecil yang menyakitkan karena prostatitis. Kondisi ini merupakan peradangan pada kelenjar prostat. Ini adalah penyebab utama urin terbakar, menyengat, dan tidak nyaman.

4.Batu ginjal

Anda mungkin mengalami kesulitan buang air kecil dengan nyaman jika Anda memiliki batu ginjal. Batu ginjal adalah massa material mengeras yang terletak di saluran kemih.

5. Uretritis

Uretritis menunjukkan bahwa uretra telah meradang, biasanya karena infeksi oleh bakteri. Uretritis sering menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan juga dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil.

(RIN)

1
2