Share

Waspada Cacar Monyet, Manusia Berpeluang Menularkan ke Binatang Peliharaan

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 26 Agustus 2022 13:42 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet, (Foto: Pixabay)

BELUM lama ini muncul berita seekor anjing peliharaan positif terinfeksi cacar monyet, tertular dari sang pemilik yang terlebih dahulu positif terinfeksi.

Kasus positif cacar monyet pada binatang peliharaan ini pun, diketahui telah diungkap dalam jurnal medis The Lancet. Kejadian ini akhirnya, mau tak mau memunculkan rasa khawatir pada orang-orang yang memiliki binatang peliharaan.

Dikatakan dr. Hanny Nilasari, SpKK, Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, penularan virus cacar monyet dari manusia ke binatang memang bisa saja terjadi. Apabila seseorang positif atau bergejala cacar monyet tersebut, melakukan kontak fisik dengan binatang peliharaannya.

"Jadi penyakit yang ditemukan dari binatang dari binatang ke manusia, manusia ke manusia bisa. Kalau ke binatang peliharaan apabila ada kontak erat, dan juga lama ini bisa memungkinkan ya ditularkan," jelas dr. Hanny dalam Konferensi Pers Satgas Monkeypox dan Covid-19 bersama Ikatan Dokter Indonesia secara virtual, Jumat (26/8/2022).

Senada dengan penjelasan dr. Hanny, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), mengungkapkan kemungkinan orang terinfeksi cacar monyet bisa menyebarkan virus ke hewan melalui kontak dekat, termasuk mengelus, memeluk, mencium, berbagi area tidur, dan berbagi makanan.

Itulah kenapa, CDC menilai pasien positif cacar monyet harus mengisolasi diri agar tak melakukan kontak erat.

"Orang dengan cacar monyet harus menghindari kontak dengan hewan, termasuk hewan peliharaan, hewan peliharaan, dan satwa liar untuk mencegah penyebaran virus," jelas CDC, dikutip dari Channel News Asia.

(rpa)