Share

6 Orang yang Bakal Dapat Vaksin Cacar Monyet versi IDI

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 26 Agustus 2022 12:42 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Vaksin Cacar Monyet. (Foto: Reuters)

KASUS cacar monyet memang telah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Cacar monyet pun sudah menyebar ke lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Indonesia pun telah mencatatkan kasus cacar monyet pertama, dari seorang pria 27 tahun yang berdomisili di Jakarta. Hal ini pun tentu menimbulkan kekhawatiran, apalagi kali ini pintu ke luar negeri tidak lagi ditutup. Nah, salah satu cara untuk mengatasi virus cacar monyet ini adalah menggunakan vaksin.

Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) tengah menggodok siapa saja yang diprioritaskan disuntik vaksin monkeypox. Tapi, beberapa kelompok terindikasi akan menjadi prioritas utama penerima vaksin.

"PB IDI saat ini sedang menggodoknya (daftar siapa saja yang diprioritaskan disuntik vaksin monkeypox). Divisi Tata Laksana Satgas Monkeypox PB IDI sedang mendiskusikannya," ungkap Ketua Satgas Monkeypox PB IDI dr Hanny Nilasari, SpKK.

Lantas, siapa saja yang diindikasikan bakal diprioritaskan menerima vaksin Monkeypox rekomendasi PB IDI?

1. Orang yang sudah terpapar virus monkeypox

2. Orang yang berada di satu ruangan yang sama dengan penderita

3. Orang yang melakukan kontak erat, baik itu skin to skin atau pajanan mukosa atau cairan dari lesi penderita

4. Seseorang yang masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada penderita monkeypox atau tidur di satu ruangan yang sama dengan penderita

5. Orang yang tidak kontak langsung tapi satu ruangan dengan penderita

6. Tenaga kesehatan yang kontak dengan penderita

"Pada dasarnya, vaksin monkeypox tidak diberikan ke masyarakat umum. Vaksin diindikasikan hanya akan disuntikkan ke kelompok tertentu dan tentunya nakes yang merawat pasien," jelas dr Hanny.

Di sisi lain, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam paparannya beberapa hari lalu pun memastikan bahwa vaksin monkeypox yang nantinya datang ke Indonesia tidak diperuntukkan untuk semua orang.

Vaksin cacar monyet hanya akan diberikan kepada orang-orang dengan indikasi tertentu dan nakes yang merawat pasien monkeypox.

1
2