Share

Wanita Tak Bisa Gerakkan Lengan Pasca-Ditato, Apa Sebabnya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 17:58 WIB
$detail['images_title']
Tangan ditato (Foto: projaqk)

BIKIN tato memang butuh keberanian dan tekat sebab risikonya cukup besar. Salah satunya penyesalan di kemudian hari.

Pasalnya, setelah membuat tato seringkali terjadi kegagalan yang tidak diinginkan seperti gambar tidak sesuai atau bahkan bisa menyebabkan komplikasi kesehatan.

Contohnya yang dialami seorang wanita di Inggris bernama Leah Jones ini. Lewat akun TikTok pribadinya, @x_leahjones_xx, ia mengisahkan pengalaman dirinya yang mengalami infeksi gara-gara menato lengannya.

Dalam video viral yang sudah mendapatkan lebih dari 24,8 juta kali penayangan tersebut, Leah menunjukkan foto tato gagal miliknya yang menyebabkan sekujur tato di lengan Leah bengkak seperti berdaging.

 tato bengkak

Foto-foto tersebut menunjukkan motif bunga dan kupu-kupu tato membuat lengan Leah sangat bernoda dan bengkak.

Kejadian yang dialami Leah tersebut bermula, ketika satu hari setelah ia memutuskan untuk membuat tato di lengannya. Leah mendapati dirinya tertular infeksi parah akibat tato gagal tersebut. Mengalami infeksi, tangan Leah menjadi kaku dan tidak bisa digerakkan, seperti dikutip dari New York Post.

Beberapa hari kemudian, tinta tato yang berada di lengan Leah juga mulai bernanah dan berdarah ketika dia mencoba menggerakkan tangannya hanya mengambil sebuah benda.

“Saya tidak bisa menekuk lengan saya, tangan saya sekarang bengkak,” jelas Leah.

Leah kemudian mengirim foto ke dokternya setelah mendapati lukanya itu menjadi kental dan mulai bocor. Dokter kemudian memberikan Leah antibiotik, yang bisa membantu meringankan gejala infeksi yang dialaminya.

 BACA JUGA:10 Gejala Covid-19 yang Jarang Terjadi, Salah Satunya Mata bengkak

Untungnya, setelah dua minggu melakukan perawatan, lewat video Leah mengabarkan kondisinya kesehatannya telah membaik dengan pembengkakan dan kemerahan yang berkurang secara nyata.

Berbagai dugaan penyebab infeksinya lengan Leah ini, dilontarkan oleh para netizen. Ada yang yang menyalahkan Leah karena tidak berhati-hati dalam memilih tempat tato dan memilih yang murah, ada juga yang berkomentar bahwa Leah menderita reaksi alergi terhadap tinta dan ada juga yang beranggapan bahwa tukang tato menekan terlalu dalam ke kulit.

Hingga berita ini dilansir, disebutkan Leah belum tahu penyebab pasti kondisi yang dialaminya tersebut. Paska mengalami infeksi sampai tangannya bengkak dan tak bisa digerakkan, kini Leah disebutkan tidak yakin apakah bisa berurusan lagi dengan tato setelah kejadian ini.

1
2