Share

Mengenal Tumor Sarkoma Ewing, Penyakit Langka yang Serang Anak-Anak dan Remaja

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 11:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Tumor Pada Anak. (Foto: Shutterstock)

SEORANG remaja berusia 20 tahun mengalami kelumpuhan setelah berlatih untuk kompetisi angkat besi 300 kg. Brandon lalu memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter, setelah diperiksa dokter memberitahu bahwa rasa sakit yang dialami remaja tersebut karena ototnya yang tegang sebagai akibat dari olahraga angkat besi.

Selain itu, Dokter menyatakan cedera yang dialami Brandon juga disebabkan oleh tumor langka yaitu Sarkoma Ewing, tumor yang terjadi di tulang atau di jaringan lunak di sekitar tulang. Untungnya tumor yang dialami Brandon belum menyebar sehingga bisa diangkat.

Terlepas dari kasus tersebut, penyakit tumor Sarkoma Ewing (YOO-ing) adalah jenis tumor langka yang terjadi pada tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang. Masalah ini paling sering dimulai pada tulang kaki dan panggul, tetapi dapat juga terjadi di tulang manapun.

Menurut laporan Mayo Clinic, pada kasus yang sangat jarang, tumor muncul pertama kali di jaringan lunak dada, perut, anggota badan, atau lokasi lainnya. Sarkoma Ewing lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, sekalipun usia lainnya pun punya risiko terjadinya tumor tersebut.

Sakit punggung

Adapun tanda-tanda seseorang memiliki tumor Sarkoma Ewing antara lain:

1. Nyeri, bengkak, atau sakit di dekat lokasi keberadaan tumor

2. Sakit tulang

3. Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan

4. Demam tanpa diketahui penyebabnya

5. Berat badan turun tanpa ada usaha menurunkannya

Kapan harus ke dokter? Disarankan jika Anda mengalami tanda atau gejala yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, bahkan ketika gejala tersebut semakin buruk.

Ada faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengembangkan tumor Sarkoma Ewing. Apa saja?

1. Usia

Ya, tumor ini dapat terjadi pada semua usia, tetapi lebih mungkin terjadi pada anak-anak dan remaja.

2. Riwayat keluarga

Sarkoma Ewing lebih sering terjadi pada mereka yang keturunan Eropa. Ini jauh lebih jarang terjadi pada orang-orang keturunan Afrika dan Asia Timur.

Tumor Sarkoma Ewing jika tidak dikendalikan akan menyebabkan komplikasi serius. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kanker yang semakin menyebar (metastasis)

Sarkoma Ewing dapat menyebar dari tempat pertamanya muncul ke area lain, membuat pengobatan dan pemulihan menjadi lebih sulit. Sarkoma Ewing paling banyak ditemukan menyebar ke paru-paru dan tulang lainnya.

2. Efek samping pengobatan jangka panjang

Perawatan agresif yang diperlukan untuk menangani tumor Sarkoma Ewing dapat menyebabkan efek samping yang cukup besar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tapi tenang, tim perawat bisa membantu untuk mengelola efek samping yang terjadi.

1
2