Share

Di Mana Tempat Tes PCR Cacar Monyet di Indonesia?

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 19:16 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet masuk Indonesia (Foto: CNA)

CACAR monyet telah terkonfirmasi masuk ke Indonesia. Melihat hal itu, Kementerian Kesehatan mengungkap bahwa baru ada dua laboratorium untuk pemeriksaan PCR.

Kedua laboratorium yakni di laboratorium rujukan nasional BKPK Kemenkes, dan laboratorium Institut Pertanian Bogor. Untuk meningkatkan pemeriksaan, Kemenkes akan menambah laboratorium sebanyak 10.

cacar monyet

Lebih lanjut, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 1.200 reagen untuk pemeriksaan cacar monyet. Pemeriksaan dilakukan manakala ada kecurigaan cacar monyet.

“Pemeriksaan PCR monkeypox ini berbeda dengan pemeriksaan PCR Covid-19. PCR monkeypox dilakukan dengan swab pada ruam-ruam yang ada di tubuh pasien,” ujar dr. Syahril dalam Sehat Negeriku dikutip Kamis (25/8/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Kasus pertama, diketahui pada tanggal 8 Agustus kemarin baru pulang dari perjalanan luar negeri. Namun sayangnya negara yang dikunjungi tidak disebutkan oleh dr Syahril.

"Diketahui 1 terkonfirmasi positif monkeypox. Konfirmasinya tadi malam dari DKI Jakarta," ujar dr Syahril.

Pria tersebut dinyatakan positif pada Jumat (19/8/2022) malam, setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR. Dalam penjelasannya, Syahril mengatakan pria itu hanya mengalami gejala ringan.

1
2