Share

Jangan Anggap Sepele! Ini 4 Tanda Menstruasi yang Berbahaya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2022 12:07 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

SAAT sedang menstruasi, ada baiknya kita memperhatikan bagaimana proses menstruasi itu berjalan. Sebab, ada tanda-tanda menstruasi berbahaya yang bisa saja muncul. Bukan hanya dilihat dari warnanya, tapi juga intensitas menstruasi.

Menstruasi sendiri pada umumnya berlangsung empat sampai tujuh hari. Interval menstruasi biasanya terjadi berkisar dari 21 hari hingga 35 hari.

Nah, menstruasi yang berbahaya salah satunya adalah jika menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari baru menstruasi kembali. Tak hanya itu, aliran menstruasi lebih banyak atau bahkan terlalu sedikit dari normalnya.

Menstruasi berbahaya atau abnormal pun terbagi dalam beberapa kelompok. Artinya, kondisi ini bisa terjadi dalam beberapa tipe, tergantung dari gejala atau tanda yang muncul. Apa saja tanda-tanda tersebut dan bagaimana mengatasinya? Melansir Cleveland Clinic, Rabu (24/8/2022), berikut ulasan selengkapnya soal tanda-tanda menstruasi yang berbahaya.

1. Amenore: Kondisi menstruasi berhenti mendadak, yang ditandai dengan tidak adanya menstruasi dalam kurun waktu 90 hari atau lebih. Ada pengecualian yaitu untuk wanita yang hamil, menyusui, atau memang menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 45 hingga 55 tahun. Tidak hanya itu, wanita muda yang sampai usia 15 atau 16 belum juga mengalami menstruasi, setelah payudara mulai berkembang juga dianggap mengalami amenore.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Oligomenore: Kondisi menstruasi yang jarang terjadi atau tidak konsisten 'datangnya'.

3. Dismenore: Mengacu pada menstruasi yang diikuti dengan rasa sakit yang teramat sangat, ditambah dengan kram parah.

4. Pendarahan rahim: Ditandai dengan menstruasi yang sangat banyak atau muncul bercak darah di saat tidak menstruasi, setelah berhubungan seks, atau paska menopause.

 BACA JUGA:6 Jenis Batuk yang Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

BACA JUGA: Gejala yang Dialami Pasien Pertama Cacar Monyet di Indonesia, Salah Satunya Lesi di Alat Genital!

1
2