Share

Makan Junk Food Bikin Perut Buncit, Mitos atau Fakta?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 16:25 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Perut Buncit. (Foto: Shutterstock)

FAST food atau yang juga mencakup junk food memang merupakan makanan tidak sehat yang memiliki kandungan gizi rendah. Kandungan garam, gula, kalori, dan lemak di dalamnya tinggi meski porsinya kecil, serta minim nutrisi.

Umumnya kebutuhan kalori per hari adalah 2.000 untuk wanita dan 2.500 untuk pria. Jumlah ini seharusnya dibagi menjadi 3 kali makan besar dan 2 kali makan kecil atau selingan.

Dengan mengonsumsi fast food, jangan kaget bila jumlah kalori yang kamu makan per hari bisa berkali-kali lipat! Akibat makan makanan cepat saji, perut kamu bisa jadi buncit. Tapi, benarkah Fast Food Sebabkan Buncit?

Banyak penelitian yang sudah menemukan pengaruh buruk makanan cepat saji pada perut buncit. Kalori yang terlalu berlebihan akan disimpan menjadi lemak di dalam tubuh dan berujung pada perut buncit.

Junk Food

Selain memiliki kalori yang sangat tinggi, fast food juga mengandung lemak yang tidak sehat. Lemak yang tidak sehat seperti lemak jenuh dan lemak trans juga menyebabkan perut buncit.

Di bawah ini beberapa makanan penyebab perut buncit yang harus kamu perhatikan jumlah konsumsinya, seperti dilansir dari KlikDokter:

Makanan Manis

Contoh makanan manis yang bisa bikin perut buncit misalnya cokelat dan permen. Cokelat yang cenderung tidak baik untuk kesehatan bila dimakan terlalu banyak adalah cokelat susu.

Memang tidak semua cokelat buruk. Dark chocolate justru sangat baik untuk kesehatan. Namun, tetap konsumsi dalam porsi yang kecil dan tidak berlebihan, ya.

Follow Berita Okezone di Google News

Alkohol

Minuman beralkohol yang diminum dalam jumlah kecil hingga sedang seperti anggur merah dinilai dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Meskipun begitu, alkohol yang diminum berlebihan sangat berkaitan dengan peningkatan berat badan, serta risiko kanker dan penyakit hati.

Soda

Penelitian menunjukkan, soda dapat meningkatkan simpanan lemak pada perut. Hindari terlalu banyak minum minuman penyebab perut buncit ini, ya.

Keripik Kentang

Potato chips atau keripik kentang mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan perut buncit. Selain itu, keripik kentang juga dapat mengandung tinggi garam yang menyebabkan kembung.

Tips Mengurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Fast food memang punya rasa yang sangat lezat dan bikin ketagihan. Tapi ingat, kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dapat berujung pada penyakit-penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

Segala penyakit berbahaya itu sangat mungkin diawali dengan gejala perut buncit. Maka dari itu, buatlah pilihan yang benar untuk makanan sehari-hari, olahraga rutin, dan kelola stres dengan baik.

1
2