Share

Benarkah Penyakit Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri?

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet merebak di sejumlah negara (Foto: Page goo)

SAAT ini banyak orang merasa waspada dengan kemunculan penyakit cacar monyet di Indonesia. Meski jarang menimbulkan kematian, penyakit cacar monyet disebut bisa menimbulkan keparahan, bahkan buta jika lesi cacar monyet di bola mata.

Namun benarkah penyakit cacar monyet bisa sembuh sendiri?

 cacar monyet

Kemenkes menjelaskan jika penyakit dari monkeypox atau cacar monyet dapat sembuh dengan sendirinya (self-limiting disease). Tentunya bisa, kalau kondisi pasien memiliki beberapa faktor ini.

Seperti tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid sampai tidak mengalami infeksi yang parah. Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril.

"Kalau treatment pasien ini, sebenarnya bisa sembuh sendiri kalau tanpa komorbid dan infeksi sekunder atau kondisi parah," kata dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes.

 BACA JUGA: Cacar Monyet Masuk Indonesia, Menkes: Jaga Prokes!

Alasan sembuh sendiri karena lesi atau luka dari cacar monyet akan pecah. Kemudian, mengelupas dan kering dengan sendirinya, ditambah jika dalam keadaan tanpa beban penyakit tertentu atau bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Meski demikian, jika seseorang mengalami gejala cacar monyet, sebaiknya tetap segera mencari bantuan medis. Contohnya kasus pertama di Jakarta ini, merupakan inisiatif karena merasa alami gejala seperti cacar monyet, lalu periksa ke dokter, jangan tunggu sampai parah.

"Kebetulan pasien ini memiliki tingkat kesadaran yang baik dan tinggi sehingga melakukan kesigapan untuk memeriksakan sendiri," imbuhnya dr Syahril.

1
2