Share

6 Cara Mencegah Hepatitis, Salah Satunya Pakai Alat Kontrasepsi saat Berhubungan Seks

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 18:01 WIB
$detail['images_title']
Sakit hepatitis (Foto: Medical news today)

PENYAKIT Hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ hati. Di Indonesia, kasus Hepatitis masih terbilang tinggi. Sebab banyak penyebabnya dan penularannya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit Hepatitis. Sekecil apapun upaya pencegahan tentunya dapat memutus penyebaran Hepatitis.

 sakit hepatitis

1. Vaksin Hepatitis

Guna mencegah terkena Hepatitis bisa memakai vaksin Hepatitis. Selain diberikan pada bayi, vaksin hepatitis juga bisa diberikan kepada orang dewasa sesuai dosis yang dianjurkan.

Vaksin Hepatitis sangat berfungsi untuk membentuk antibodi pada orang yang beresiko terinfeksi penyakit Hepatitis.

Nantinya, antibodi tersebut akan melawan virus Hepatitis bila sewaktu-waktu masuk ke dalam tubuh. Namun, sejauh ini, baru terdapat vaksin untuk dua jenis virus Hepatitis, yaitu Hepatitis A dan Hepatitis B.

2. Rajin mencuci tangan

Pencegahan penularan penyakit Hepatitis yang paling sederhana adalah dengan membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan.

Sebab, mencuci tangan mampu membunuh virus penyakit, termasuk Hepatitis. Anda bisa gunakan air mengalir dengan sabun atau juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol agar virus mati.

 BACA JUGA:Paling Banyak Diidap Orang, Apa Gejala Hepatitis A?

3. Menjaga kebersihan

Kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan tidak hanya mencegah Anda dari penularan penyakit Hepatitis, namun juga dari penyakit-penyakit menular lainnya.

Apalagi, bagi Anda yang memang tinggal di lingkungan yang memiliki resiko tinggi adanya penularan penyakit Hepatitis, khususnya Hepatitis A dan E yang penularannya sangat mudah.

Selain kebersihan lingkungan, Anda juga harus menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang matang, bersih, dan diolah dengan higienis. Bila Anda makan di luar, pilihlah makanan yang dijamin matang.

Beberapa makanan mentah, seperti kerang juga cenderung berisiko menjadi medium berkembangnya virus penyebab Hepatitis.

4. Jangan Menggunakan Barang Bersamaan

Kebiasaan melakukan sharing atau pemakaian bersama barang-barang pribadi bisa menjadi salah satu faktor penularan penyakit Hepatitis.

Beberapa barang pribadi yang tidak boleh digunakan secara bersamaan, seperti sikat gigi, lipstik, alat pencukur, pemotong kuku dan masih banyak lagi.

Bahkan, penggunaan barang tersebut kadang terjadi luka minor. Sehingga akan ada darah pada alat tersebut dan terkadang tidak terlihat. Darah tersebutlah yang membuat virus hepatitis menular.

5. Pakai alat kontrasepsi saat berhubungan seks

Melakukan hubungan seksual juga memiliki resiko tinggi tertular penyakit Hepatitis. Hepatitis B, misalnya, dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air mani dan cairan vagina.

Bagi Anda yang berhubungan seks dengan pasangan yang terpapar Hepatitis, risiko terkena hepatitis pun semakin besar, terutama saat tidak menggunakan alat kontrasepsi. Oleh karena itu pastikan memakai alat kontrasepsi jika suami atau istri Anda mengidap Hepatitis.

6. Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh yang juga memiliki peranan besar, salah satunya menghancurkan racun dalam darah. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaga fungsi liver dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat mengurangi atau bahkan merusak fungsi liver.

Ini bisa dilakukan dengan tidak mengonsumsi alkohol yang berlebihan, tidak merokok, dan tidak melakukan seks bebas berisiko tinggi.

1
2