Share

Begini Cara Atasi Payudara Besar Sebelah Tanpa Perlu ke Dokter

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 22:03 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ukuran Payudara. (Foto: Shutterstock)

TERKADANG seseorang perempuan memiliki perbedaan ukuran di antara bagian yang kiri dan kanan payudara mereka. Selama perbedaan ukuran tidak melebihi 50 persen antara sisi kiri dan kanan, maka perbedaan ini masih dikatakan normal.

Untuk mengatasi payudara yang besar sebelah, baik itu sebelah kiri atau kanan, tergantung dari penyebabnya. Apabila disebabkan oleh munculnya benjolan tidak normal, maka harus melewati berbagai pemeriksaan medis yang detail.

Namun, apabila disebabkan oleh perubahan hormonal yang sementara, maka kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini, seperti dilansir dari KlikDokter:

Pemijatan Payudara

Pemijatan akan membuat otot-otot sekitar payudara menjadi lebih relaks dan meningkatkan aliran darahnya. Kamu dapat memijatnya dengan gerakan memutar dan tekanan lembut. Jika perlu, tambahkan minyak khusus pijat.

Olahraga

Olahraga, terutama jika melatih otot bagian dada, bahu, dan punggung, dapat membantu menjaga bentuk payudara. Gunakan dumbbell sebagai alat bantu olahraga.

Ukuran Payudara

Kompres Dingin dan Hangat

Menggunakan kompres hangat dan dingin berganti-gantian dapat membantu aliran darah dan meningkatkan produksi kolagen. Kompres hangat selama 1 menit dan gantilah dengan kompres dingin. Ulangi sebanyak 3 kali setelah mandi.

Operasi

Apabila disebabkan oleh benjolan, cara untuk mengatasinya adalah dengan operasi. Lalu, jika diakibatkan keganasan, kemungkinan juga perlu radiasi atau kemoterapi.

Pemeriksaan Payudara Sendiri

Sebagai wanita, penting untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin. Pemeriksaan ini dapat kamu lakukan di rumah minimal sebulan sekali.

Waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari sebelum menstruasi atau satu minggu usai menstruasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah pemeriksaan payudara sendiri:

Berdirilah di hadapan cermin, dengan bahu tegak dan kedua tangan di pinggang. Perhatikan, apakah terdapat perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudaramu.

Selanjutnya, angkat kedua tangan dan perhatikan kembali payudaramu. Cari tahu ada atau tidaknya perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudara. Membungkuklah hingga payudara terjulur ke bawah. Cek ada atau tidaknya perubahan pada payudaramu.

Cermati juga posisi payudara kanan dan kiri saat kamu membungkuk. Apakah sejajar atau ada yang lebih besar ukurannya? Kemudian, tekan puting payudara secara perlahan dengan ibu jari dan telunjuk. Perhatikan apakah ada cairan keluar dari puting.

Sambil berbaring, letakkan bantal kecil di bawah pundak dan tempatkan tangan kanan di bawah kepalamu. Dengan menggunakan tangan kiri, periksa payudaramu yang kanan, begitu pula sebaliknya.

Selanjutnya, tekan seluruh area payudara dengan gerakan memutar, mulai dari yang terluar (arah jam 12) hingga mencapai puting. Rasakan dan perhatikan apakah terdapat benjolan, kepadatan, atau cairan yang keluar dari puting.

Kembali ke posisi berdiri, angkat satu tangan ke belakang kepala dan gunakan tangan lainnya untuk memeriksa payudara satunya.

1
2