Share

Ini 5 Penyebab Ukuran Payudara Bisa Besar Sebelah

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 18:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ukuran Payudara. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang memang memiliki struktur tubuh yang berbeda antara satu dengan lainnya. Struktur anatomi tubuh manusia yang memiliki beberapa variasi bentuk memang tubuh kita berbeda dengan orang lin.

Nah, salah satu bagian tubuh yang memiliki bentuk berbeda adalah payudara. Pada beberapa orang, payudara juga memiliki ukuran yang asimetris.

Terkadang, ada perbedaan ukuran di antara bagian yang kiri dan kanan. Selama perbedaan ukuran tidak melebihi 50 persen antara sisi kiri dan kanan, maka perbedaan ini masih dikatakan normal.

Payudara besar sebelah ditandai dengan salah satu payudara yang memiliki bentuk, ukuran, maupun posisi yang berbeda dengan payudara satunya. Hal ini dapat disebabkan adanya penyimpanan cairan pada payudara, perubahan aliran darah, perbedaan pada jaringan pembentuk payudara, dan lainnya.

Ukuran Payudara

Ada beberapa hal yang memengaruhi perbedaan ukuran payudara, berikut seperti dilansir dari KlikDokter:

Masa Pubertas

Pada masa pubertas, ukuran payudara bisa terlihat asimetris. Namun semakin bertambahnya umur, kedua payudara akan menyeimbangkan ukuran dengan sendirinya.

Trauma di Payudara

Cedera pada salah satu payudara dapat menjadi penyebab payudara besar sebelah. Sebab, cedera ini bisa menyebabkan perubahan struktur jaringan di dalam payudara. Alhasil, ukuran payudara terlihat berbeda pasca cedera.

Perubahan Hormon

Saat tubuh mengalami perubahan hormon, misalnya saat memasuki masa ovulasi, terkadang jaringan payudara akan berubah. Payudara pun akan terasa lebih penuh dan sensitif.

Penggunaan KB Hormonal

Rutin menggunakan KB hormonal setiap bulannya bisa membuat payudara tampak asimetris. Akan tetapi, hal ini akan berlangsung sementara sampai hormon di dalam tubuh kembali stabil.

Masa Kehamilan dan Menyusui

Jika kamu sedang hamil dan menyusui, maka ini bisa menjadi alasan kenapa payudaramu besar sebelah. Pada masa ini, tubuh mempersiapkan diri membentuk jaringan untuk memproduksi ASI. Karenanya, ukuran payudara akan menjadi berbeda.

Tapi, yang perlu dikhawatirkan adalah jika perubahan ukuran payudara terjadi secara tiba-tiba dan perbedaan ukurannya melebihi 50 persen. Kamu juga perlu waspada apabila perubahan tersebut disertai nyeri, benjolan, atau tanda kemerahan di payudara. Hal tersebut bisa mengarah pada gangguan infeksi, tumor jinak, atau tumor ganas.

Oleh karena itu, segera konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan payudara secara langsung. Dokter mungkin akan menyarankan tes mammografi untuk mengetahui penyebabnya.

1
2