Share

5 Penyakit yang Muncul karena Kolesterol Tinggi, Ada Diabetes Sang Silent Killer Loh!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 09:00 WIB
$detail['images_title']
Diabetes bisa muncul salah satunya akibat kolesterol tinggi, (Foto: Freepik)

5 Penyakit yang muncul karena kolesterol tinggi, harus diwaspadai oleh semua orang. Sebab, terkadang kondisi ketika kadar kolesterol sudah tinggi, ternyata tak disadari oleh banyak orang.

Merasa tubuh sehat dan bugar, namun tiba-tiba jatuh sakit bahkan tak jarang bisa saja tiba-tiba mengalami stroke atau serangan jantung.

Ya, berbagai ancaman penyakit bisa mengintai karena kadar kolesterol tinggi. Apa saja penyakitnya? Melansir WebMD, Selasa (23/8/2022), berikut paparannya di bawah ini.

1. Stroke: Plak kolesterol tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan di sekitar jantung, melainkan juga mempersempit arteri yang mengarah ke otak. Jika pembuluh yang membawa darah ke otak tersumbat sepenuhnya, maka bisa menyebabkan stroke.

2. Penyakit pembuluh darah Perifer: Adalah kondisi tersumbatnya aliran darah ke tungkai atau tangan, sebagai akibat penyempitan pembuluh darah yang berasal dari pembuluh arteri. Penyumbatan ini menyebabkan tungkai yang kekurangan pasokan darah terasa sakit, terutama saat berjalan. Penderita penyakit ini kebanyakan merasakan kram di betis saat berjalan dan akan merasa membaik dengan istirahat.

(5 Penyakit yang Muncul karena Kolesterol Tinggi, Foto: Freepik)

Follow Berita Okezone di Google News

3. Diabetes: Penyakit silent killer yang dapat mengganggu keseimbangan antara kadar kolesterol baik, dan kolesterol jahat. Orang dengan diabetes cenderung memiliki penumpukan kolesterol yang menempel pada arteri, dan merusak dinding pembuluh darah dengan lebih mudah. Kolesterol yang mengandung gula dapat lebih gampang membentuk plak pada pembuluh darah. Penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2, bisa memiliki kadar kolesterol baik yang rendah dan kolesterol jahat juga trigliserida (jenis lain lemak dalam darah) yang tinggi.

4. Tekanan darah tinggi: Kolesterol tinggi juga memicu peradangan dan pelepasan hormon tertentu yang menyebabkan pembuluh darah mengencang sehingga meningkatkan tekanan darah. Tak heran jika pengidap kolesterol tinggi, biasanya sepaket dengan tekanan darah yang tinggi. Keduanya diketahui juga berkaitan dengan penyakit jantung.

5. Penyakit kardiovaskular: Penyakit satu ini menjadi risiko utama dari kolesterol tinggi. Umumnya, penderita kolesterol tinggi yang tak diobati, berisiko menyebabkan kematian akibat mengalami serangan jantung. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan pengerasan arteri, atau aterosklerosis. Selain itu, juga menyebabkan penyempitan di area tertentu (penyempitan fokal) dan memperlambat aliran darah ke bagian otot jantung.

 BACA JUGA:5 Tanda Kolesterol Jahat Mulai Menyerang Tubuh Anda

BACA JUGA:3 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Pada Mata, Nomor 1 Perlu Diwaspadai

1
2