Share

Daftar 11 Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet, Bisa Menular pada Manusia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2022 12:57 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto:Pixabay)

DAFTAR 11 hewan yang beresiko mengalami cacar monyet, bisa menular pada manusia menarik diulas. Cacar monyet menambah kekhawatiran masyarakat global, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Penyebaran yang terus terjadi ditambah angka kasus positif yang terus bertambah, bahkan hingga angka kematian, akhirnya membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan cacar monyet menjadi darurat kesehatan masyarakat.

Penyakit cacar monyet sendiri merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka. Virus langka ini muncul dari hewan atau virus zoonosis.

Anjing Salah satu hewan yang menular

Dalam kasus ini, cacar monyet bisa ditularkan ke manusia lewat monyet. Itulah kenapa disebut sebagai cacar monyet. Rupanya, virus ini sudah ada sejak lama, bahkan pertama kali ditemukan di Kongo, Afrika Selatan tahun 1970.

Simak penjelasan 11 hewan yang berisiko mengalami cacar Monyet, bisa menular pada Manusia Seperti yang telah banyak diberitakan, cacar monyet atau monkeypox merupakan sebuah menyakit zoonosis yang artinya bisa menyebar ke manusia dan hewan. Orthopoxvirus merupakan genus dari virus penyebab cacar monyet.

Dilansir dari laman Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hewan yang terinfeksi virus cacar monyet bisa menyebarkannya ke manusia dan tidak menutup kemungkinan manusia yang terinfeksi bisa menyebarkannya ke hewan.

Penyebaran tersebut bisa melalui kontak dekat di antara keduanya, seperti mengelus, memeluk, mencium, menjilat, berbagi tempat tidur, dan berbagi tempat makan dengan hewan. 

Mungkin Anda tidak bisa melihat semua gejala yang terjadi pada hewan yang terkena cacar monyet. Namun, Anda bisa waspada jika hewan mengalami perubahan, seperti lesu, nafsu makan yang berkurang, batuk, sekret, demam, dan munculnya lepuhan seperti ruam pada kulit.  Menurut CDC, cacar monyet bisa menginfeksi berbagai jenis spesies hewan.

Nah, berikut adalah 11 hewan yang beresiko terkena cacar monyet dilansir dari CDC:

1. Anjing Padang Rumput

2. Tupai

3. Marmut

4. Babi tanah

5. Chinchilla

6. Tikus berkantung raksasa

7. Monyet

8. Kera

9. Landak

10. Rubah

11. Rakun

Daftar di atas tentu belum termasuk hewan-hewan dari berbagai jenis spesies yang memungkinkan terinfeksi orthopoxvirus lain, seperti sapi, unta, luak, dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai 11 hewan yang berisiko mengalami cacar monyet, bisa menular pada manusia.

(RIN)

1
2