Share

Cacar Monyet Bisa Jadi Calon Pandemi Baru? Ini Kata Kemenkes

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2022 12:30 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet (Foto: Reuters)

MASUKNYA kasus positif cacar monyet di Indonesia, dengan terdeteksinya satu kasus positif di DKI Jakarta, jadi menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat.

Ya, muncul kekhawatiran apakah infeksi cacar monyet ini bisa menjadi kandidat alias calon pandemi seperti Covid-19?

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, dr. Mohammad Syahril, tidak menutup kemungkinan hadir berbagai pandemi baru, seperti penyakit infeksi Covid-19.

"Kalau pandemi bisa muncul dan hilang lagi dengan pasien baru. Saya kira ini suatu kehidupan yang baru, sama halnya dengan Covid-19 yang bisa saja dianggap suatu hal yang biasa saja,” kata dr. Syahril dalam gelaran Konferensi Pers Update Monkeypox, dikutip dari YouTube Kementerian Kesehatan, Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut, dr. Syahril mengatakan jika situasi pandemi sudah dianggap biasa saja. Sebab virus yang sudah tidak terlalu mengancam kesehatan dan bidang lainnya. Kemudian, masyarakat mulai biasa saja dan berangsur berakhir.

Sehingga kehadiran berbagai penyakit di tengah pandemi Covid-19, tidak menutup kemungkinan bisa saja jadi pandemi baru.

Follow Berita Okezone di Google News

"Bisa saja karena landai dan tidak mengancam kesehatan dan perekonomian, atau pun di bidang yang lain, maka pandeminya akan berakhir. Bisa jadi akan muncul pandemi -pandemi baru," tuturnya.

Terkait cacar monyet, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bila penularan cacar monyet tidak semudah Covid-19.

Secara ilmiah, penularan cacar monyet disebutkan harus melalui adanya kontak fisik, tidak sama dengan infeksi Covid-19 bisa melalui droplet atau cipratan liur dari mulut.

"Penularan tidak semudah Covid-19 melalui cairan mulut, kalau cacar monyet harus ada kontak fisik. Jadi secara siencetific, sulit penularannya harus ada kontak fisik," tegas Menkes Budi dalam Konferensi Pers Health Working Group ke-3 hari ini.

 BACA JUGA:Penularan Cacar Monyet Mirip Covid-19? Kemenkes: Lewat Kontak Erat

BACA JUGA:Cacar Monyet Bukan Penyakit yang Menyerang Khusus Kelompok Gay

1
2