Share

Kemenkes: Penyakit Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 21 Agustus 2022 14:34 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet bisa sembuh sendiri (Foto Ilustrasi: Medicaldaily)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan jika penyakit dari monkeypox atau cacar monyet dapat sembuh dengan sendirinya (self-limiting disease). Tentunya bisa, kalau kondisi pasien memiliki beberapa faktor ini.

Seperti tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid sampai tidak mengalami infeksi yang parah. Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril.

"Kalau treatment pasien ini karena virus nah penyakit ini sebenarnya bisa sembuh sendiri kalau tanpa komorbid dan infeksi sekunder atau kondisi parah," kata dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022)

Cacar monyet

Alasan sembuh sendiri karena lesi atau luka dari cacar monyet akan pecah. Kemudian, mengelupas dan kering dengan sendirinya, ditambah jika dalam keadaan tanpa beban penyakit tertentu atau bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas).

BACA JUGA : Kronologi Lengkap Kasus Cacar Monyet Pertama Masuk Indonesia

BACA JUGA : Kondisi Pasien Cacar Monyet Pertama Indonesia, Dirawat di RS atau Isoman?

Segera Periksa

Dalam penjelasannya, seseorang akan memiliki gejala diminta untuk segera melakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan terdekat. Contohnya kasus pertama di Jakarta ini, merupakan inisiatif karena merasa alami gejala seperti cacar monyet.

Pria tersebut dinyatakan positif pada Jumat (19/8/2022) malam, setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR. Dalam penjelasannya, Syahril mengatakan pria itu hanya mengalami gejala ringan.

"Kebetulan pasien ini memiliki tingkat kesadaran yang baik dan tinggi sehingga melakukan kesigapan untuk memeriksakan sendiri," imbuhnya

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)