Share

Gejala yang Dialami Pasien Pertama Cacar Monyet di Indonesia, Salah Satunya Lesi di Alat Genital!

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 20 Agustus 2022 17:31 WIB
$detail['images_title']
Pasien pertama cacar monyet di Indonesia (Foto: Sandiego county news center)

KASUS monkeypox atau cacar monyet, kini sudah hadir di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diketahui baru satu orang dinyatakan positif cacar monyet.

Kasus pertama disebutkan, dialami pria berusia 27 tahun yang baru dari perjalanan luar negeri. Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, pasien berasal dari DKI Jakarta.

 Cacar Monyet

"Diketahui 1 terkonfirmasi positif monkeypox. Konfirmasinya tadi malam dari DKI Jakarta," ujar dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022).

Dalam penjelasannya, Syahril mengungkap beberapa gejala yang dialami pasien tersebut, antara lain:

-demam

-pembengkakan getah bening

-ruam

-lesi dibagian wajah, muka dan alat genital

Dikatakan pasien tidak dirawat di Rumah Sakit karena hanya bergejala ringan. Sehingga hanya melakukan isolasi mandiri (isoman) di Rumah.

"Laki-laki berusia 27 tahun dengan gejala ada demam, ada pembesaran kelenjar getah bening dan ringan tidak berat. dan ada ruam dan ada luka di muka tangan dan alat genital," jelasnya.

 BACA JUGA:Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia Ditemukan, Apa Gejalanya?

"Dalam hitungan dua hari setelah cek PCR tadi malam hasilnya keluar ternyata positif dan bergejala ringan. Sehingga tidak perlu diisolasi di ICU atau rumah sakit cukup isoman di rumah," imbuh dr Syahril.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)