Share

Survei: Siswa yang Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Punya IPK Lebih Tinggi

Astri Lawrensia, Jurnalis · Minggu 21 Agustus 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
belajar sambil mendengarkan musik, (Foto: Freepik)

BANYAK orang tak bisa hidup tanpa mendengarkan musik. Mendengarkan musik, misalnya saat di perjalanan, saat belajar, sihuk bekerja, dan saat melakukan aktivitas lainnya yang dianggap sebagai salah satu cara untuk membentuk mood dan rasa tenang untuk diri sendiri.

Ada kabar baik bagi Anda yang hobi mendengarkan musik, dari survei terbaru yang digelar OnePoll di Universitas CSU Global, menyebutkan bahwa selain bisa membentuk mood dan rasa tenang, mendengarkan musik bisa membantu seseorang dalam belajar.

Hal ini ditunjukkan dengan hasil survey, yang menemukan bahwa siswa yang mendengarkan musik sambil belajar cenderung memiliki IPK diatas 3,2 , dikutip dari New York Post, Minggu (21/8/2022).

Survei ini sendiri dilakukan dengan melibatkan sekitar 2000 orang responden. Setengah dari 2000 responden itu memilih, bahwa mereka lebih bisa mengingat ketika mendengarkan musik secara teratur saat belajar (49 persen), dan 60 persen mengatakan mereka belajar lebih baik dengan diiringi suara musik daripada tanpa musik.

Dari hasil beberapa suara lain, musik yang sering mereka dengarkan sambil belajar adalah suara alam (30 persen), suara kehidupan (26 persen) dan podcast (24%). Lagu favorit responden untuk didengarkan saat belajar antara lain “Riverside” oleh Agnes Obel, “Against the World” oleh Bob Seger dan “God's Plan” dari Drake.

Sedangkan untuk genre lagu, tiga kategori teratas yakni musik klasik sebanyak 31 persen, R&B 28 persen dan musik country yang juga 28 persen adalah genre teratas yang didengarkan saat belajar.

Jika dilihat dari data, persentase orang yang mendengarkan musik sambil belajar kebanyakan dilakukan oleh siswa yang berusia lebih muda, yaitu sekitar 58 persen dari usia 18 hingga 25 dan hanya 41 persen yang berasal dari usia 58 hingga 76 tahun.

Dari 80 persen mereka yang mendengarkan musik sambil belajar, setuju jika musik dapat menjadi terapi untuk belajar, dan 75 persen bahkan mengatakan musik membantu mereka menyerap informasi.

Selain itu, sebanyak 81 persen koresponden yang mendengarkan musik juga mengakui bahwa musik membantu dirinya menikmati pengalaman belajar mereka dan dari dua pertiga (58 persen) responden mengatakan mereka bisa lebih fokus di sekolah.

Sebanyak 64 persen koresponden yang mendengarkan musik mengatakan bahwa mereka lebih mudah mengikuti ujian, dan bahkan hingga 80 persen merasa lebih siap untuk mengikuti kelas secara teratur.

Lebih dari setengah (58 persen) responden mengatakan bahwa sekolah harus mempertimbangkan untuk membiarkan siswa bereksperimen dengan musik untuk membantu mereka untuk lebih fokus.

1
2