Share

Konsumsi Buah Tanpa Biji Berbahaya kah?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2022 11:05 WIB
$detail['images_title']
Fakta Baru! Buah Tanpa Biji Tak Berbahaya (foto: istimewa)

FAKTA  baru ditemukan, buah tanpa biji ternyata tidak berpengaruh pada tubuh manusia. Hal ini berdasarkan analisis yang dilakukan pakar biologi molekul, sel dan organisme Harvard, Megan L. Noris terhadap buah dengan rekayasa genetika itu.

Sebelumnya, pembahasan buah tanpa biji berbahaya untuk dikonsumsi sempat viral di jagad maya. Pendakwah sekaligus pakar obat-obatan herbal Ustadz dr Zaidul Akbar mengimbau para wanita untuk tidak mengonsumsi makanan dan buah-buahan berikut ini. Pasalnya, makanan dan buah-buahan tersebut bisa menyebabkan gangguan hormon pada seorang wanita.

Makanan yang dimaksud adalah makanan yang bersifat GMO atau Genetically Modified Organism, yakni makanan yang dihasilkan dari organisme yang telah diubah DNA-nya melalui rekayasa genetika. Contohnya adalah jagung manis, kedelai impor, semangka tanpa biji, anggur tanpa biji, dan lainnya.

Namun pendapat itu dipatahkan oleh penelitian yang ada. Hasil penelitian menyebutkan bahwa tidak ada pengaruh rekayasa gen terhadap tubuh manusia. Manusia selalu mengkonsumsi hewan dan juga tumbuhan setiap harinya. Rata-rata hewan dan tumbuhan memiliki puluhan ribu gen, dan rekayasa genetika hanya menambah sekitar 1-10 gen baru. 

Dikutip dari Royal Society, semua makanan segar yang masuk ke tubuh akan melalui proses pencernaan. Proses tersebut nantinya akan memecah susunan DNA sehingga tidak mempengaruhi gen manusia. 

(vvn)

(kem)