Share

Mengenal Kanker Liver, Penyakit yang Diidap Adik Tessa Kaunang Sebelum Meninggal

Vivin Lizetha, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 17:25 WIB
$detail['images_title']
Kanker Liver (Foto: Healthline)

BERITA duka datang dari artis Tessa Kaunang. Adiknya, Genesy Kaunang meninggal dunia pada Selasa (16/8/2022). Sebelum meninggal dunia, adik Tessa Kaunang dikabarkan mengidap penyakit kanker liver stadium empat.

Melalui wawancara yang dikutip dari tayangan Intens, Tessa Kaunang mengaku tidak mengetahui bahwa adiknya terkena kanker liver. Awalnya, dokter mendiagnosa Genesy hanya menderita penyakit ambeien. Namun kondisinya semakin menurun hingga akhirnya meninggal dunia.

Adik Tessa Kaunang

Jadi, apa sih kanker liver itu? Dan mengapa sulit untuk terdeteksi dini?

Dikutip dari situs healthline, kanker liver atau kanker hati adalah jaringan yang tak lazim yang mengganggu fungsi hati. Hati adalah organ vital yang membantu tubuh menyerap racun, residu, dan juga menyembuhkan luka. Ketika kanker berkembang di hati, dapat menghancurkan sel-sel hati dan mengganggu kemampuan hati untuk berfungsi seperti yang diharapkan.

Penyakit yang menempati urutan ketiga sebagai penyebab kematian tertinggi akibat kanker ini biasanya tidak memberikan gejala awal yang signifikan. Ini membuat penderitanya sering tidak menyadari kehadirannya.

Ada beberapa tipe kanker liver menurut situs healthline. Berikut rangkumannya.

Hepatocellular carcinoma (HCC)

Dikenal sebagai hepatoma, adalah jenis kanker hati yang paling umum. Sekitar 85 hingga 90 persen kanker hati HCC. HCC sering terjadi pada orang yang menderita hepatitis atau sirosis kronis.

Sirosis adalah bentuk serius dari kerusakan hati yang biasanya disebabkan oleh Infeksi hepatitis B atau C, pecandu alkohol berat, dan penyakit hati berlemak.

BACA JUGA : Genesy Kaunang, Adik Tessa Kaunang Meninggal Dunia

BACA JUGA : Tessa Kaunang Sudah Memiliki Feeling Terkait Wafatnya Sang Adik

Kolangiokarsinoma

Lebih dikenal sebagai kanker saluran empedu, berkembang di saluran empedu kecil seperti tabung di hati. Kanker saluran empedu jarang terjadi.

Liver angiosarcoma

Ini juga termasuk bentuk kanker hati yang sangat langka. Karena terdapat di pembuluh darah hati, jenis kanker ini cenderung berkembang sangat cepat, sehingga biasanya baru bisa diketahui pada stadium lanjut.

Hepatoblastoma

Jenis kanker hati langka ini sering ditemukan pada anak-anak, terutama mereka yang berusia di bawah 3 tahun.

Penderita kanker ini memiliki peluang cukup besar untuk sembuh. Dengan operasi dan kemoterapi, hepatoblastoma dapat disembuhkan sekitar 70 persen.

1
2