Share

Cetak Rekor Dunia Perempuan Lari Selama 106 Hari, Lutut Harus Dioperasi

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 13:35 WIB
$detail['images_title']
Kate Jayden, Perempuan Pencetak Rekor Lari Maraton 106 Hari (foto: instagram/@decajayden)

SEORANG perempuan asal Inggris, Kate Jayden, berhasil memecahkan rekor dunia lari maraton terpanjang selama 106 hari berturut-turut. Ia mulai berlari sejak 31 Desember 2021 hingga 15 April 2022.

Setiap hari Jayden berlari sejauh 26,2 mil atau 42,1 km. Meski begitu, ia tidak meninggalkan tanggung jawabnya. Perempuan 35 tahun ini tetap masuk bekerja selama 8-9 jam. Kemudian melanjutkan kegiatan maraton selama 6 jam.

 Kate Jayden, Pemecah Rekor Lari 106 Hari

Ini prestasi yang sulit dipahami mengingat Jayden ternyata mempunyai cedera lutut. Ia melaporkan lututnya sakit pada hari ke-46 tetapi tetap melanjutkan lari maraton untuk menyelesaikan tantangan. Selain memecahkan rekor dunia, Jayden juga melakukan ini untuk tujuan kemanusiaan. Ia berhasil mengumpulkan 43 ribu euro atau setara 645 juta rupiah dalam 106 hari.

Pada bulan Mei, Jayden melakukan pemindaian MRI. Hasilnya menunjukkan retak di bagian lutut Jayden. Selain itu juga ditemukan adanya kematian jaringan tulang. Dalam dunia medis ini disebut osteonekrosis. Terjadi karena kurangnya suplai darah ke tulang. Penyebabnya karena sering terjadi trauma dan tekanan yang kuat pada bagian tersebut. Inilah yang membuat lutut Jayden harus dioperasi.

 BACA JUGA:Meski Masih Cedera Lutut, Yeremia Rambitan Sudah Mulai Berlatih Sembari Duduk

Tentu butuh proses lama untuk pemulihan. Namun Jayden berjanji akan kembali berlari maraton setelah semuanya normal.

(vvn)

(kem)