Share

Kenapa Suara Lucinta Luna Belum Berubah Usai Oplas "Khodam"?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 15:02 WIB
$detail['images_title']
Kenapa Suara Lucinta Luna Belum Berubah Usai Operasi Khodam?

LUCINTA Luna tengah geram dengan netizen karena mempertanyakan alasan suaranya belum berubah usai oplas "khodam." Pasalnya, menurut Lucinta butuh proses lama hingga suara baru muncul.

Ia menambahkan, saat ini luka dalam pita suaranya masih belum kering. Dan masih membutuhkan waktu 76 hari untuk menjadi suara tipis ala perempuan.

 BACA JUGA:Lucinta Luna Pamer Suara Baru, Khodam Hilang?

Benarkah demikian?

Dalam dunia medis, operasi mengubah suara yang dilakukan Lucinta Luna disebut voice feminization. Dan berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Augusta Health, operasi ini memang memakan waktu yang lama bahkan hingga bertahun-tahun.

Ada 2 jenis operasi voice feminization yang dikutip dari situs Augusta Health.

1. Anterior glottal web formation

Operasi ini menciptakan jaringan atau pita parut di bagian depan V pita suara. Ini memperpendek pita suara untuk membantu meningkatkan nada suara. Pembentukan jaring glotal anterior mempengaruhi rentang frekuensi dengan menghilangkan kemampuan untuk menghasilkan nada yang lebih rendah. Ini juga mempersempit jalan napas sampai tingkat tertentu. Efek dari operasi ini mungkin kurang cocok untuk digunakan oleh penyanyi atau atlet tertentu.

2. Cricothyroid approximation (CTA)

Operasi ini memanjangkan pita suara. Dengan demikian akan menghasilkan nada bicara yang lebih tinggi dan pengurangan kemampuan nada rendah. Namun, penelitian telah menemukan bahwa teknik ini tidak memiliki efek yang bertahan lama.

(vvn)

(kem)