Share

7 Gejala Mastitis seperti yang Dialami Nagita Slavina, Apa Saja?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 17:28 WIB
$detail['images_title']
7 Gejalan Mastitis seperti yang Dialami Nagita Slavina

ADA banyak drama saat menjadi ibu menyusui. Mulai dari baby blues hingga nyeri pada saat menyusui. Bahkan tidak sedikit ibu menyusui yang memberikan ASI hingga payudaranya berdarah.

Hal ini tidak hanya terjadi pada orang awam saja. Nagita Slavina mengaku pernah mengalami mastitis saat menyusui kedua anaknya, Rafathar dan Rayyanza. Istri Raffi Ahmad itu merasakan sakit yang luar biasa, bahkan melebihi rasa sakit saat persalinan. Gigi bahkan sampai harus minum obat antibiotik sebagai pereda nyeri, karena payudaranya bengkak dan memerah.

Dalam dunia media, kondisi ini disebut sebagai mastitis. Melansir Mayo Clinic, Senin (15/8/2022), mastitis adalah peradangan jaringan payudara yang terkadang melibatkan infeksi. Peradangan ini menyebabkan nyeri payudara, pembengkakan, kehangatan dan kemerahan, seperti yang dialami Nagita. Mungkin juga diikuti gejala demam hingga kedinginan.

Pada umumnya, mastitis menyerang wanita menyusui. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada wanita yang sedang tidak menyusui, ataupun pada pria.

Okezone merangkum 7 gelaja yang biasanya dialami ibu menyusui penderita mastitis.

1. Pembengkakan payudara

2. Penebalan jaringan payudara

3. Benjolan payudara

4. Nyeri atau sensasi terbakar terus menerus atau saat menyusui

5. Kulit kemerahan

6. Umumnya merasa sakit

7. Demam dengan suhu 38,3 C atau bahkan lebih

Alasan utama penyebab terjadinya mastitis adalah terperangkapnya susu di payudara. Jika payudara tidak sepenuhnya kosong saat menyusui, salah satu saluran ASI bisa tersumbat.

Selain itu, bakteri dari permukaan kulit dan mulut bayi dapat masuk ke saluran susu melalui celah di kulit puting atau melalui lubang saluran susu. Susu yang tergenang di payudara yang tidak dikosongkan ini memberikan tempat berkembang biak bagi bakteri.

Mastitis harus diberi pengobatan segera agar tidak menyebabkan kumpulan nanah (abses) berkembang di payudara. Jika sudah menjadi abses, kondisi ini harus ditangani dengan serius, seperti pembedahan. Oleh karenanya, untuk menghindari komplikasi ini, bicarakan dengan dokter Anda segera setelah mengalami tanda atau gejala mastitis.

 (vvn)

(DRM)