Share

4 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Jahe, Nomor 2 Disukai Wanita

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
jahe menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, (Foto: Freepik)

JAHE sebagai salah satu rempah-rempah, memang sudah lama dikenal masyarakat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Mengutip WebMD, jahe diketahui mengandung antioksidan, yang diketahui bisa mencegah berbagai penyakit karena membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang menyebabkan berbagai penyakit.

Nah, sebetulnya apa saja sih manfaat kesehatan yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi jahe. Berikut ulasan singkat empat manfaat jahe yang wajib diketahui, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022).

1. Atasi morning sickness: Bagi ibu hamil, sering mengalami mual di pagi hari atau morning sickness. Menurut ulasan dari 12 penelitian yang melibatkan total 1.278 wanita hamil, 1,1-1,5 gram jahe bisa secara signifikan mengurangi gejala mual. Meskipun jahe dianggap aman, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi dalam jumlah besar jika sedang hamil.

2. Bantu turunkan berat badan: Sedang diet menurunkan berat badan? Anda bisa menyelipkan hidangan atau minuman berunsur jahe. Menurut suatu tinjauan literatur tahun 2019, menyebutkan bahwa suplementasi jahe secara signifikan mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

3. Kurangi nyeri haid: Salah satu kegunaan jahe secara tradisional adalah untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri haid. Dalam sebuah penelitian tahun 2009, 150 orang wanita yang diinstruksikan untuk mengonsumsi jahe atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) selama 3 hari pertama periode menstruasi mereka. Dari ketiga kelompok yangmenerima empat dosis harian bubuk jahe (250 mg), asam mefenamat (250 mg), atau ibuprofen (400 mg), terlihat jahe berhasil mengurangi rasa sakit seefektif kedua NSAID.

4. Kurangi risiko infeksi: Mengutip Healthline, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Menurut suatu studi tahun 2008, jahe sangat efektif melawan bakteri mulut yang terkait dengan gingivitis dan periodontitis. Jahe juga disebutkan efektif melawan virus pernapasan syncytial (RSV) yakni penyebab umum infeksi pernapasan.

1
2