Share

Menkes: Jangan Lupa Hidup Sehat, Bergerak Minimal 30 Menit

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 10:35 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi Guna Sadikin. (Foto: Youtube)

PANDEMI Covid-19 membuat banyak aktivitas dilakukan secara virtual (online). Bahkan, olahraga pun banyak dilakukan secara virtual, dan bisa diikuti oleh siapa pun dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Mengingat secara online, membentuk pola hidup sehat mendorong setiap sektor atau bidang kesehatan melakukan inovasi. Di mana kegiatan virtual itu, memiliki keunggulan yaitu peserta yang ikut bisa dari berbagai daerah dan waktunya lebih fleksibel.

Kegiatan virtual ini pun bisa menjadi salah satu upaya promotif preventif sebagai dukungan dari rumah sakit. Sebagaimana dorongan pola hidup sehat yaitu GERMAS, disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengingatkan melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Olahraga

"Jangan lupa hidup sehat, salah satunya dengan bergerak sehari minimal 30 menit, jadi kalau seminggu 5 kali berarti sekitar 150 menit. Aktivitasnya bisa dengan jalan, lari, atau berenang. Sehat selalu,” imbuh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dilansir dalam Sehat Negeriku, dikutip Senin (15/8/2022)

Sekadar informasi, menurut data Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2018 menunjukkan prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter sebesar 1,5% atau 15 dari 1.000 orang di Indonesia didiagnosa penyakit jantung.

Di mana penduduk perkotaan lebih banyak menderita penyakit jantung dengan prevalensi 1,6%, dibandingkan penduduk pedesaan 1,3% maka pola hidup yang sehat merupakan salah satu pencegahan utama penyakit jantung coroner, hipertensi, stroke, diabetes hingga kanker.

(mrt)