Share

Sejarah Munculnya Penyebutan Operasi Plastik, Bestie Wajib Baca!

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 12:03 WIB
$detail['images_title']
Operasi plastik (Foto: Real Self)

OPERASI plastik pertama kali digunakan pada abad 19, tepatnya pada 1837. Tetapi seperti diketahui, operasi plastik sama sekali tidak menggunakan bahan plastik.

Operasi plastik merupakan sebuah tindakan kedokteran yang bertujuan untuk memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran.

Dilansir dari Dorner plastic surgery, jika saya bertanya mengapa operasi plastik disebut “plastik”, bagaimana jawaban Anda? Nama tersebut sebenarnya berasal dari asal kata “plastik” yang sudah ada jauh sebelum plastik diciptakan.

 operasi plastik

Sebelum plastik buatan manusia pertama, Parkesine, diciptakan pada tahun 1855, kata plastik digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dapat dicetak atau dibentuk. Asal usul istilah ini dari bahasa Yunani “plastikos” yang berarti tumbuh atau membentuk.

Bedah plastik menelusuri akarnya ribuan tahun ke India kuno (abad ke-6 SM.) di mana seorang dokter terkemuka dan pelopor operasi bernama Sushruta melakukan beberapa operasi hidung.

Kemudian di Italia pada pertengahan 1500-an lahir Gaspare Tagliacozzi, yang secara luas dianggap sebagai "Bapak Operasi Plastik".

Dia terkenal khususnya karena metode rekonstruksi hidung (rhinoplasty) dan bukunya “On the Surgery of Mutilation by Grafting” merupakan karya yang berpengaruh. Dalam buku ini, dia membuat kutipan hebat yang meletakkan dasar bagi pemahaman modern kita tentang praktik operasi plastik:

“Kami memulihkan, membangun kembali, dan membuat seluruh bagian-bagian yang telah diberikan alam. Bukan untuk menyenangkan mata, tetapi untuk membangkitkan semangat, dan membantu pikiran orang yang menderita.”

250 tahun lebih akhirnya membawa kita ke istilah "operasi plastik" yang pertama kali diciptakan pada tahun 1798 oleh Pierre Default dari Yunani.

Definisi dan kecanggihan ilmu ini terus berkembang sejak saat itu. Saat ini operasi plastik mencakup banyak prosedur kosmetik atau estetika, prosedur rekonstruksi, dan bahkan beberapa perawatan untuk kanker atau penyakit.

BACA JUGA: 5 Penjahat yang Melakukan Operasi Plastik agar Tak Ditangkap Polisi, Nomor 4 Sangat Kejam! 

Sangat menarik untuk berpikir bahwa operasi plastik ini dilakukan lebih dari 8000 tahun yang lalu sebelum munculnya anestesi. Saat ini banyak kemajuan teknologi untuk membantu membentuk tubuh.

(DRM)