Share

Operasi Selaput Dara Memberikan Sensasi Berbeda, Berani Mencoba?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 19:08 WIB
$detail['images_title']
Operasi selaput dara memberikan sensasi yang berbeda (foto:freepik)

TIDAK  banyak yang tahu tentang operasi selaput dara. Operasi ini termasuk ke dalam jenis operasi plastik yang bertujuan untuk menyatukan kembali selaput dara yang sudah robek. Dalam dunia kedokteran, disebut juga dengan hymenoplasty atau hymenorrhaphy.

Yang harus dipahami, operasi ini tidak akan mengembalikan keperawanan. Namun akan membuat wanita robek dan berdarah saat pertama kali melakukan hubungan seksual setelah operasi.

Melansir Lybrate, Selasa (9/8/2022), operasi selaput dara biasanya memakan waktu kurang dari satu jam. Nantinya, dokter ahli bedah akan menggunakan jahitan self-dissolved untuk menjahit bagian yang tersisa. Ini akan memungkinkan selaput dara tumbuh kembali bersama saat sembuh.

Setelah operasi, akan ada sedikit pembengkakan dan memar selama 2-4 minggu, tetapi rasa sakit akan hilang dalam waktu seminggu setelah operasi. Proses pemulihannya pada setiap wanita berbeda-beda, sekitar 4-6 minggu.

Selain itu, ada beberapa panduan agar pemulihan tanpa rasa sakit dan lancar setelah operasi hymenoplasty. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Jaga agar area tetap bersih dan higienis.

2. Minum obat tepat waktu

3. Mandi 2-3 hari setelah operasi selaput dara.

4. Jika ada rasa sakit atau bengkak, gunakan kompres hangat atau dingin.

5. Hindari merokok atau minum alkohol selama 3 hingga 4 minggu setelah operasi selaput dara.

6. Jangan terlalu banyak bekerja atau berolahraga dalam 2-3 minggu pertama

7. Hindari mengangkat beban berat.

8. Jangan melakukan aktivitas seksual setidaknya selama 6-8 minggu setelah operasi hymenoplasty.

9. Hindari penggunaan tampon, dan beralihlah ke pembalut selama minimal 4-6 minggu.

10. Hindari pergi ke kolam renang umum atau sauna selama setidaknya 4-6 minggu setelah operasi.

Meskipun termasuk operasi yang sederhana, operasi selaput dara tetap berisiko komplikasi dan menimbulkan efek samping tertentu. Namun, komplikasi tersebut cukup jarang terjadi.

Hal paling yang menarik adalah beberapa wanita mungkin akan mengalami sensasi yang berbeda pada area kewanitaannya. Ini karena terjadi perubahan bentuk selaput dara setelah ditarik dan disatukan kembali saat operasi. Ada yang ingin mencoba sensasinya?

(kem)