Share

Ingin Operasi Plastik di Bokong seperti Kylie Jenner? Baca Ini Dulu

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 06:11 WIB
$detail['images_title']
Kylie Jenner sukses operasi plastik (Foto: Inst)

PUNYA wajah yang cantik dan tubuh ideal tentu impian setiap orang. Tak heran bila beberapa orang rela melakukan perawatan hingga mengubah beberapa bagian di tubuhnya, salah satunya operasi plastik bokong.

Operasi plastik bokong itu sudah dilakukan oleh beberapa orang termasuk para publik figur seperti Kylie Jenner. Usai operasi plasti di bokong, tubuh Kylie terlihat makin seksi. Apalagi operasi bokong ini dilakukan untuk menciptakan volume agar tubuh terlihat lebih berbentuk.

Kylie Jenner

Dilansir dari Healthline, operasi plastik bokong ini sudah tren sejak lama. Bahkan menurut American Society of Plastic Surgeons mencatat bahwa operasi pembesaran bokong telah meningkat sebesar 252 persen antara tahun 2000 dan 2015.

Jenis operasi terkait bokong yang paling populer termasuk pengangkatan bokong, implan, dan augmentasi dengan pencangkokan lemak.

Prosedur operasi plastik bokong

Implan bokong memiliki satu tujuan utama untuk meningkatkan bentuk bokong. Namun, ada beberapa pendekatan berbeda untuk mencapai tujuan ini. Dua jenis prosedur utama adalah pencangkokan lemak dan implan bokong.

Augmentasi bokong dengan pencangkokan lemak adalah operasi plastik paling populer untuk bokong pada tahun 2015. Ini juga dijuluki "pengangkatan bokong Brasil."

Selama prosedur ini, ahli bedah akan menyedot area lain dari tubuh Anda untuk mendapatkan lemak. Biasanya dibagian perut, panggul, atau paha. Lalu menyuntikkannya ke bokong untuk menambah volume. Metode ini terkadang dikombinasikan dengan implan silikon untuk mendapatkan tampilan yang paling alami.

Dalam prosedur lain, pengisi yang disebut Sculptra disuntikkan ke jaringan lunak bokong. Prosedur ini dilakukan oleh dokter dengan hampir tanpa downtime.

Diperlukan beberapa sesi untuk melihat perbedaan yang signifikan serta beberapa botol obat per sesi, yang bisa mahal.

Suntikan bokong hidrogel dan silikon

Anda mungkin pernah mendengar tentang suntikan hidrogel pantat sebagai metode augmentasi yang lebih murah. Metode ini memberikan hasil sementara dan tidak memerlukan prosedur bedah tradisional. Ini juga berbahaya.

Seperti suntikan hidrogel, suntikan silikon tidak melibatkan operasi dan juga tidak secara langsung mengubah bentuk bokong Anda.

Meskipun ada beberapa percakapan tentang suntikan silikon yang digunakan sebagai pengganti implan pantat, metode ini tidak disarankan. Padahal, suntikan silikon untuk bokong bisa sangat berbahaya.

Silikon adalah bahan yang digunakan untuk implan bokong. Tidak seperti suntikan, implan silikon padat ditempatkan melalui pembedahan ke dalam bokong melalui sayatan di antara pipi bokong.

Prosedur ini terkadang dikombinasikan dengan pencangkokan lemak untuk hasil yang maksimal. Diperlukan waktu hingga empat minggu untuk pulih dari operasi bokong.

Implan biasanya menambah volume. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh suntikan dan pencangkokan lemak. Secara keseluruhan, implan silikon telah didokumentasikan sebagai aman dan efektif untuk peningkatan bokong.

Implan lebih disukai untuk orang dengan sedikit lemak karena mereka mungkin tidak memiliki banyak untuk disuntikkan untuk mengangkat pantat Brasil.

Sedot lemak

Selain pencangkokan lemak dan implan, sedot lemak terkadang digunakan dalam prosedur operasi plastik bokong. Proses menghilangkan kelebihan lemak di area tertentu di bokong untuk mencapai kontur maksimal.

Anda mungkin memenuhi syarat untuk sedot lemak dengan implan pantat jika Anda memiliki kelebihan lemak di area tersebut karena penurunan berat badan atau penuaan.

Operasi plastik bokong amankah?

American Society for Aesthetic Plastic Surgery telah mendokumentasikan tingkat kepuasan 95,6 persen mengenai jenis operasi ini berdasarkan peringkat. Meskipun tingkat keberhasilannya tinggi, operasi bokong tetap menimbulkan risiko.

Follow Berita Okezone di Google News

Beberapa efek samping yang paling umum termasuk:

-Pendarahan berlebihan setelah operasi

-Rasa sakit

-Muncul jaringan parut

-Perubahan warna kulit

-Infeksi

-Akumulasi cairan atau darah di bawah bokong

-Reaksi alergi

-Mual dan muntah dari anestesi

Implan silikon juga mungkin bergerak atau terlepas dari tempatnya. Ini dapat membuat Anda memiliki penampilan yang tidak rata di bokong dan membutuhkan pembedahan untuk memperbaikinya.

Pencangkokan lemak juga dapat menyebabkan asimetri karena penyerapan lemak dalam tubuh. Efek tersebut dapat diperbaiki, tetapi setiap operasi lanjutan memerlukan biaya tambahan dan downtime.

Tingkat keberhasilan operasi plastik bokong

Implan dan pembesaran bokong dianggap permanen dan operasi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi secara keseluruhan.

Namun, menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery dibutuhkan tiga hingga enam bulan sampai Anda melihat efek penuh.

Anda mungkin juga memerlukan operasi lanjutan beberapa tahun kemudian untuk mempertahankan hasilnya. Ini terutama terjadi jika implan bergeser atau patah.

Hal yang tidak boleh dilakukan pasca operasi

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah jalani operasi. Seperti merokok hingga menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya bicarakan dengan dokter bedah plastik untuk prosedur yang lebih aman.

Biaya implan pantat

Implan bokong dianggap sebagai prosedur estetika, atau kosmetik. Jenis prosedur ini tidak dianggap perlu secara medis dan tidak ditanggung oleh asuransi.

Namun, banyak penyedia menawarkan paket pembayaran untuk klien mereka. Anda mungkin juga dapat membiayai prosedur secara langsung dengan penyedia Anda atau melalui pinjaman berbunga rendah.

Penting juga untuk mengetahui semua biaya di muka. Selain biaya ahli bedah yang sebenarnya, Anda juga harus membayar biaya anestesi dan kamar secara terpisah.

Menurut statistik 2016 dari American Society of Plastic Surgeons, biaya rata-rata ahli bedah implan bokong sekitar Rp72,8 juta.

Biaya ahli bedah juga dapat bervariasi berdasarkan tempat tinggal Anda. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membandingkan biaya dengan beberapa penyedia bersertifikat sebelumnya.

1
2