Share

Mau Operasi Plastik di Payudara seperti Dinar Candy? Baca Ini Dulu!

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 21:03 WIB
$detail['images_title']
Dinar Candy operasi plastik di payudara (Foto: inst)

TREN operasi plastik sudah berkembang sejak lama. Banyak wanita khususnya yang ingin mengurangi atau menambahkan volume di area tubuhnya. Misalnya saja tindakan operasi plastik pada payudara. Bahkan DJ cantik Dinar Candy pun melakukannya.

Pada Tahun 2017 saja, ada sekitar 300.378 orang yang melakukan pembesaran payudara dan 105.219 orang melakukan pengencangan payudara dilakukan.

Dinar Candy

Operasi plastik di payudara biasanya dilakukan untuk meningkatkan ukuran dan bentuk payudara wanita. Ini dilakukan terutama dan secara tradisional dengan implan.

Ada banyak alasan mengapa wanita memilih perawatan ini, termasuk ketika mereka memiliki asimetri yang signifikan atau telah mengalami kehilangan volume payudara karena penurunan berat badan, kehamilan, atau umumnya untuk meningkatkan bentuk dan volume payudara mereka dan menciptakan lebih banyak keseimbangan dengan sisa payudara mereka.

 

Jenis Implan

Implan payudara terdiri dari cangkang silikon yang diisi dengan gel silikon kohesif atau garam (air garam). Pada akhirnya keputusan implan mana yang akan digunakan akan tergantung pada tujuan estetika dan preferensi pribadi.

Selain bahannya, implan juga hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Implan bulat cukup populer dan umumnya dipilih oleh wanita mengencangkan payudara dan implan berupa suntikan untuk membesarkan payudara sehingga lebih bervolume.

Implan saline adalah cangkang silikon yang diisi dengan air garam steril atau saline. Jika implan saline bocor, saline akan diserap oleh tubuh. Kebocoran ini dapat terjadi tetapi merupakan peristiwa yang jarang terjadi.

Implan silikon diisi dengan gel medis khusus yang dimaksudkan untuk menciptakan rasa dan tampilan payudara yang lebih alami dibandingkan dengan implan saline, khususnya pada wanita yang lebih kurus.

 BACA JUGA:Sejarah Munculnya Penyebutan Operasi Plastik, Bestie Wajib Baca!

Siapa yang bisa melakukan tindakan ini?

Untuk implan saline, setiap pasien sehat berusia 18 tahun ke atas dan memenuhi syarat untuk operasi ini. Untuk menerima implan silikon, FDA menganggap bahwa hanya pasien berusia 22 tahun atau lebih yang memenuhi syarat.

Selain itu, saat melakukan tindakan ini wanita tidak boleh merokok, tidak hamil atau menyusui, dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Selama operasi, ahli bedah menggunakan sayatan kecil untuk membuat "kantong" untuk memberi ruang bagi implan. Setelah implan diposisikan, sayatan akan ditutup dan diperban. Animasi visual 3D yang membantu dari proses tersebut dapat ditemukan di situs web ASPS. Secara umum, seluruh prosedur biasanya berlangsung selama dua jam atau kurang, dan pasien dapat segera pulang setelahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Risiko operasi plastik pada payudara

Setiap tindakan pasti memiliki risiko. Seperti halnya dengan operasi plastik pada payudara. Biasanya beberapa orang akan berisiko infeksi, kebocoran implan. Infeksi, muncul jaringan parut hingga bentuk payudara yang asimetri.

Masa Pemulihan

Pemulihan pasca tindakan sangat bervariasi dari satu pasien ke pasien berikutnya, sehingga total waktu pemulihan setiap orang mungkin berbeda.

Rata-rata, pemulihan penuh berkisar antara empat hingga enam minggu. Sebagian besar pasien akan merasa jauh lebih baik dalam waktu satu minggu setelah operasi, tetapi dokter umumnya menyarankan untuk tetap melakukan aktivitas ringan dan tidak melakukan olahraga berat sampai pasien benar-benar sembuh.

Biaya operasi plastik pada payudara

Biaya pasti harus selalu didiskusikan secara rinci dengan dokter Anda karena dapat sangat berbeda tergantung pada lokasi dan kebutuhan Anda.

1
2