Share

5 Penjahat yang Melakukan Operasi Plastik agar Tak Ditangkap Polisi, Nomor 4 Sangat Kejam!

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 11:47 WIB
$detail['images_title']
Penjahat melakukan operasi plastik (Foto: The guardian)

SETIAP melakukan operasi plastik untuk menunjang penampilannya. Namun ternyata, operasi plastik ini disalahgunakan oleh penjahat.

Para penjahat ini melakukan operasi plastik guna terhindar dari pengejaran polisi. Meskipun paa akhirnya, para pejahat yang mengubah tampilan diri dengan operasi plastik ini berhasil ditangkap polisi. Berikut penjahat yang melakukan operasi plastik untuk kabur dari jeratan hukum.

1. Luiz Carlos da Rocha

 Luiz Carlos

Luiz Carlos da Rocha adalah seorang kartel narkoba yang menggunakan operasi plastik selama 30 tahun guna menghindari polisi sebelum ditangkap di Brasil. Rocha menghadapi tuduhan terkait kasus perdagangan narkoba. Lebih dari tiga dekade, Rocha menjalani operasi plastik agar tidak dikenali oleh polisi. Beberapa gambar telah dibagikan oleh polisi Brasil untuk mengingatkan orang-orang seperti apa penampilannya pada 2017.

Diketahui, Rocha juga mempunyai nama samaran Vitor Luiz de Moraes. Akhirnya Rocha berhasil ditangkap pada Juni 2017 dalam Operasi Spectrum, bagian dari misi polisi untuk mencegah perdagangan narkoba. Polisi mengatakan bos kartel narkoba tersebut sebelumnya sudah dihukum karena pelanggaran terkait narkoba, kepemilikan senjata, hingga pencucian uang.

2. Kunal

 Kunal

Pada 13 Oktober 2017, polisi Delhi akhirnya dapat menangkap Kunal, pencuri yang terlibat setidaknya dalam 62 kasus. Diketahui, Kunal telah menjalani operasi plastik sekitar empat tahun sebelumnya guna menghindari penangkapan. Namun pihak polisi dapat menangkapnya. Menurut keterangan Wakil Komisaris Polisi Ramli Baaniya, Kunal ditangkap di Delhi Selatan. Kunal biasanya mencuri kendaraan yang kemudian dijualnya.

Berdasarkan laporan Chayyanika Nigam di Mail Today, Kunal memulai dengan pencurian kecil-kecilan hingga berkembang menjadi perampokan pada 1997. Ia diduga mempunyai gaya hidup yang mewah yang kemudian berani melakukan pencurian kendaraan. Usai polisi melakukan penangkapan terhadap dirinya, polisi juga menemukan 12 mobil hasil pencurian.

 BACA JUGA:6 Artis yang Melakukan Operasi Plastik di Payudara, Siapa Saja?

3. Yasuo Tsubaki

 Yasuo

Pria Jepang ini menggunakan operasi plastik untuk menghindari penangkapan selama 11 tahun. Pada 2016, polisi Thailand berhasil menangkap Tsubaki setelah melarikan diri dari tuduhan manipulasi harga saham di Jepang. Untuk menghindari dari kejaran polisi, ia pun melakukan operasi plastik. Kepala polisi nasional Thailand Cahktip Chaijinda mengatakan, ini merupakan penangkapan pertama oleh polisi Thailand terhadap seorang burunon yang menggunakan operasi plastik untuk menghindari penangkapan.

Di Thailand, Tsubaki menggunakan rekening bank serta nomor ponsel yang terdaftar atas nama orang Thailand. Ia juga telah menyewa kondominium seharga lebih dari 100.000 baht sebulan di Sukhumvit Road sebelum pindah ke Maha Chai di Rama II Road. Tsubaki merupakan seorang pengusaha serta pengacara di Jepang, ia bersama kelompok bisnisnya sudah memanipulasi harga saham di Jepang yang menyebabkan kerugian mencapai 12 miliar yen. Pada 2005, Tsubaki melarikan diri ke Thailand.

4. Tatsuya Ichihashi

 Tatsuya

Ichihashi berhasil ditangkap pada 2009 usai perburuan yang panjang. Ia merupakan tersangka pembunuhan Lindsay Hawker, seorang guru Inggris yang jenazahnya ditemukan terkubur di bak mandi berisi pasir di balkon apartemen Ichihashi di Chiba, timur Tokyo pada Maret 2007. Penangkapannya terjadi beberapa saat sebelum ia akan berlayar ke Okinawa, pulau di ujung selatan Jepang.

Diketahui, Ichihashi telah melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilannya. Ia menjalani beberapa operasi plastik untuk membuatnya tidak dapat dikenali. Ia bahkan memberikan nama serta alamat palsu di klinik tempatnya melakukan operasi plastik.

Foto-foto yang dirilis oleh klinik Nagoya menunjukkan Ichihashi yang berbeda. Ia tampil tanpa dua tahi lalat yang menonjol di pipi kirinya, bagian bawah bibirnya menjadi lebih tipis, hingga kelopak matanya yang diubah seperti orang barat. Surat kabar Yomiouri melaporkan Ichihashi sudah mengunjungi sebuah klinik di kota barat daya Fukuoka, namun dokter menolak permintaannya untuk operasi plastik guna mengubah bentuk mulutnya.

5. Whitey Bulger

 Whitney

Pada 2010, Bulger berhasil ditangkap kepolisian setelah 15 tahun buron. Ia didakwa atas tuduhan 19 pembunuhan, pemerasan, pencucian uang, serta perdagangan narkoba. FBI telah mengejar Bulger serta sang pacar, Catherine Greig, sejak 1995. FBI pun menjangkau ahli bedah plastik di Inggris karena mereka percaya bahwa pacar Bulger, yakni Greig, telah menjalani operasi plastik.

FBI mengatakan ahli bedah dapat mengenali fotonya. Greig juga dicari oleh polisi karena menyembunyikan Bulger ketika dirinya melarikan diri pada 1995. FBI percaya Greig telah kecanduan operasi plastik. FBI pun menawarkan USD2 juta untuk informasi yang mengarah pada keberadaan Bulger.

1
2