Share

Sering Dianggap Remeh, Sindrom Mata Kering Bisa Sebabkan Komplikasi Luka Loh

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 13:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Mata Kering. (Foto: Shutterstock)

BEKERJA di ruangan AC bisa membuat mata kita kering. Pasalnya, pada ruangan ber AC udara yang timbul merupakan udara yang kering. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mata, bahkan bisa merusak permukaan bola mata.

dr. Damara Andalia, Sp.M, menyebut mata kering sering dianggap masalah ringan, sehingga tidak mendapat penanganan serius. Padahal kondisi mata yang kering bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan benar.

"Risiko sindrom mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman di mata dan bila tidak diatasi, mata kering dapat menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata," jelas dia seperti dilansir dari Antara.

Mata Kering

Menurut dia, mata kering disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari menatap layar gawai atau televisi yang terlalu lama, pemakaian lensa kontak yang tidak sesuai instruksi dokter mata, serta penyakit metabolik seperti diabetes melitus. Dokter spesialis mata RS Mata Jakarta Eye Center (JEC) tersebut juga memaparkan prevalensi mata kering di Indonesia.

"Prevalensi mata kering di Indonesia cukup tinggi, yakni 27,5 - 30,6 persen dan lebih tinggi pada populasi lanjut usia, yakni 5 hingga 30 persen. Prevalensi mata kering pada penderita kelainan metabolik lebih tinggi dibandingkan populasi biasa, yakni mencapai lebih dari 20 persen," kata dr. Damara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dokter spesialis mata RS Mata JEC, dr. Nina Asrini Noor Sp.M, menambahkan, sindrom mata kering terkesan gangguan mata ringan yang menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap aktivitas sehari-hari. "Pada awalnya kita bisa menggunakan obat tetes mata," tambahnya.

Sindrom mata kering biasanya bukan masalah yang permanen. Kebanyakan hanya butuh waktu sebentar saja untuk kemudian sembuh dan berfungsi normal.

Makerel, salmon, kenari, biji chia, dan makanan kaya omega-3 lainnya dapat membantu mengurangi gejala mata kering. Seimbangkan juga dengan nutrisi lainnya agar kesehatan mata tetap terjaga.

1
2