Share

Kenali Yuk, Apa Saja Penyebab Mata Kering?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 22:34 WIB
$detail['images_title']
Mengatasi mata kering (Foto: Freepik)

DOKTER Spesialis Mata RS Mata Jakarta Eye Center (JEC) dr. Damara Andalia, Sp.M menjelaskan, mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Akibatnya menimbulkan rasa tak nyaman pada mata.

Menurut Dokter Damara, mata kering disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari menatap layar gawai, menatap layar televisi terlalu lama, pemakaian lensa kontak yang tidak sesuai instruksi dokter mata, serta penyakit metabolik seperti diabetes melitus.

 mata kering

"Prevalensi mata kering di Indonesia cukup tinggi, yakni 27,5 - 30,6 persen dan lebih tinggi pada populasi lanjut usia, yakni 5 hingga 30 persen. Prevalensi mata kering pada penderita kelainan metabolik lebih tinggi dibandingkan populasi biasa, yakni mencapai lebih dari 20 persen," kata Dokter Damara.

Seperti dikutip dari Antara, dalam mengatasi mata kering, lanjutnya, bisa memakai tetes mata systane ultra yang mengandung hydroxypropyl-guar. Tetes mata ini bisa memberikan pelumasan yang bikin mata nyaman, memulihkan lapisan musin, dan melindungi cell hydration guna meredakan mata kering.

 BACA JUGA:Studi: Mata Kering Jadi Gejala Covid-19 yang Sering Diabaikan

"Sindrom mata kering merupakan gangguan mata ringan yang menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap aktivitas sehari-hari. Pada awalnya kita bisa menggunakan obat tetes mata," tambah Dokter Spesialis Mata RS Mata JEC, dr. Nina Asrini Noor Sp.M.

(DRM)