Share

Pakai Implan Payudara, Bisakah Tetap Menyusui?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 22:21 WIB
$detail['images_title']
Implan payudara (Foto: Timesofindia)

TINDAKAN operasi plastik implan payudara kerap menjadi pilihan bagi para wanita saat ukuran payudara dirasa kurang besar atau kurang kencang. Memiliki payudara yang besar memang menjadi kebanggan bagi sejumlah wanita.

Tidak heran jika banyak kaum hawa rela yang rela melakukan operasi atau implan payudara agar terlihat lebih besar. Namun, muncul sebuah pertanyaan, bagi para ibu hamil, bisakah wanita yang operasi implan payudara menyusui?

Live IG Oplas Okezone

Jawabannya, ya. Dokter spesialis bedah plastik yang berpraktik di RSUI, dr. Narottama Tunjung Hariwangsa, Sp.BP-RE atau yang akrab disapa dr. Tommy menjelaskan, dalam tindakan ini, dokter akan memasukkan implan yang terbuat dari silikon atau saline ke dalam payudara, di bawah lapisan lemak dan kelenjar air susu, atau tepat menempel pada otot dada.

"Implan di payudara akan dimasukkan di bawah kelenjar asi, artinya seseorang yang memiliki riwayat implan payudara tetap bisa menyusui dengan normal," ucapnya dalam live Instagram @okezonecom, Rabu (10/8/2022).

BACA JUGA : Cerita Deepika Padukone Nyaris Implan Payudara, Tersadar karena Nasihat Shah Rukh Khan

Melansir Mayo Clinic, baik implan payudara saline dan silikon dianggap aman untuk pembesaran payudara dan rekonstruksi payudara. Meski demikian, tak dipungkiri pula adanya risiko setelah operasi meliputi kontraktur kapsuler, nyeri payudara, infeksi, perubahan sensasi puting dan payudara, hingga kebocoran atau pecahnya implan.

BACA JUGA : Curhat Model Seksi Nyaris Meninggal Keracunan Implan, Payudara Palsu Jadi Petaka!

Bila hal tersebut terjadi, Anda perlu menjalani operasi lagi untuk mengangkat atau mengganti implan payudara. Oleh karena itu, berkonsultasilah dulu ke dokter untuk tahu lebih detail mengenai prosedur dan risiko implan payudara, sebelum Anda memutuskan untuk menjalaninya.

(hel)