Share

Tanggapan Menkes Budi Pasca-Youtube Health Rilis, Apa Manfaatnya bagi Masyarakat?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 22:27 WIB
$detail['images_title']
Menkes dalam perilisan Youtube Health (Foto: Sukardi)

MASYARAKAT sudah sangat dimudahkan dalam hal mendapatkan informasi, salah satunya dari media sosial Youtube. Menariknya, media sosial tersebut merilis Youtube Health sebagai upaya mengedukasi masyarakat soal kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi lahirnya fitur baru tersebut. Menurutnya, dengan adanya Youtube Health, masyarakat dapat mengakses informasi kesehatan yang kredibel dan juga terpercaya.

 Menkes

"Penyediaan informasi kesehatan yang kredibel adalah upaya yang harus dikembangkan secara kolektif antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, masyarakat, dan juga layanan teknologi digital," paparnya saat ditemui di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Oleh karena itu, dengan hadirnya Youtube Health, sambung Menkes Budi, pihaknya mengapresiasi lahirnya fitur baru tersebut yang diberi nama Youtube PERIKSA atau Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda.

"Dengan adanya fitur tersebut, tersedia ruang khusus bagi informasi kesehatan yang kredibel yang dapat diakses masyarakat. Itu berarti, mengajak masyarakat secara aktif meningkatkan kesadaran kesehatan dengan menggunakan teknologi digital," tambahnya.

Hal senada disampaikan Direktur Utama RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo dr Lies Dina Liastuti, bahwa tidak bisa dipungkiri banyak masyarakat yang menggunakan media sosial untuk sumber informasinya. Dan Youtube Health ini bisa menjadi tempat bagi masyarakat mendapatkan informasi kesehatan yang tepat dan akurat.

"Apa yang ditampilkan di sana adalah informasi yang dipastikan evidence based. Kami dokter pun punya tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat dengan informasi yang valid tentu saja," ungkap dr Lies.

"Terlebih, partner yang diikutsertakan dalam hal ini adalah rumah sakit yang dipastikan tidak akan menyampaikan informasi bohong," tambahnya.

Perlu Anda tahu, mitra dari Youtube Health ini antara lain RSCM, RS Mitra Keluarga, RS Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia, Siloam Hospital, RS Pondok Indah, RSUI, Mayapada Hospital, RS Kanker Dharmais, Bethsaida Hospital, Eka Hospital, National Hospital, Brawijaya Hospital, RS Hermina, dan RS Harapan Bunda.

 BACA JUGA:Kemenkes Sebut Ada 17 Kasus Suspek Cacar Monyet di Indonesia

"Kami memastikan bahwa informasi yang tersedia di Youtube Health adalah informasi valid, karena bersumber dari mitra yang kredibel. Fitur ini dihadirkan untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi kesehatan tapi dengan cara yang lebih mudah diakses," tambah dr Garth Graham, MD, Director and Global Head of Healthcare and Public Health, Youtube.

(DRM)