Share

Paling Banyak Diidap Orang, Apa Gejala Hepatitis A?

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2022 17:37 WIB
$detail['images_title']
Terkena hepatitis A (Foto: Everyday health)

AHLI Kesehatan, Dr Muhammad Fajri Adda’I, Dokter Relawan Covid-19 dan Edukator Kesehatan mengingatkan Hepatitis memiliki berbagai macam jenis atau tipe.

Menurutnya, hepatitis memiliki 5 tipe yaitu A,B, C,D, dan E. Masing-masing tipe memiliki tingkat keparahan yang berbeda.

 hepatitis

"Jadi untuk hepatitis nomor satu kita harus paham dulu apa itu Hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit yang menginfeksi hepar (hati) ada banyak subnya a b c d e, tipe ini masing-masing memiliki tingkat keparahan dan konsep dampak yang berbeda," ujar Dr Fajri.

Secara umum hepatitis paling banyak dialami yaitu tipe A, yang bisa menyebabkan akut. Gejala dari tipe A, dikatakan seperti kulit menguning, mual dan muntah, air seni berwarna seperti teh.

Di mana penularannya lebih banyak dari makanan. "Hepatitis A itu disebabkan penularannya melalui makanan. Contohnya Outbreak hepatitis di warung, kampus atau disekolah, hepatitis yang bisa ditularkan melalui makanan," jelas Dr Fajri.

Dia pun menambahkan, jika tipe hepatitis yang cukup parah adalah B,C dan D bisa menyebabkan kronis. Penularan tipe tersebut melalui cairan tubuh dan hubungan seksual.

"Kalau hepatitis b,c,d itu ditularkan melalui cairan tubuh, misalnya melalui darah atau aktivitas seksual bisa ditularkan. Ini dampaknya jauh lebih seram tipe B,C,D sebabkan kronis," tambahnya.

(DRM)