Share

Doyan One Night Stand, Hati-Hati Kutil Kelamin Mengintaimu

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 01:06 WIB
$detail['images_title']
Doyan one night stand (Foto: Kezia noble)

HUBUNGAN seksual yang tidak sehat seperti tanpa pelindung ataupun berganti-ganti pasangan semacam seks bebas dapat meningkatkan risiko terkena infeksi menular seksual (IMS). Seks bebas bisa berbagai jenis macamnya, dari One Night Stand (ONS), maupun Friend With Benefit (FWB) dengan banyak orang.

Nah, salah satu penyakit yang mengintai orang yang doyan ONS salah satunya yakni genital warts yang diakibatkan oleh Human Papilloma Virus (HPV).

 one night stand

Genital warts atau yang secara awam disebut kutil kelamin ini mempengaruhi jaringan-jaringan yang lembab di area genital.

“Gejala genital warts bisa terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau kadang tampak seperti kembang kol,” kata dr Amelia Soebyanto, SpDV, selaku Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia.

Dia menjelaskan, genital warts memang tidak langsung menimbulkan keluhan bagi penderitanya. Bahkan dalam banyak kasus, kadang genital warts ini juga terlalu kecil sehingga sulit terlihat.

“Tanda adanya genital warts adalah benjolan halus atau kasar berwarna kulit, merah muda, maupun keabuan. Ada juga yang bentuknya seperti kembang kol, yang bila semakin lama bisa semakin banyak dan membesar dengan cepat dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan,” ujarnya.

 BACA JUGA:Ingin Punya FWB? Simak 7 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Mengintaimu

Selain itu, sambung dia, pada beberapa kasus, ada beberapa gejala yang perlu disadari. Di antaranya timbulnya gatal atau ketidaknyamanan di area genital dan perdarahan saat berhubungan.

(DRM)