Share

Betrand Peto Sedih Ruben Onsu Idap Empty Sella Syndrome, Apa Bisa Disembuhkan?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2022 12:24 WIB
$detail['images_title']
Ruben Onsu idap empty sella syndrome (Foto: inst)

RUBEN Onsu dan Sarwendah sama-sama mengidap penyakit cukup serius. Putra sambung mereka yakni Betrand Peto pun sudah semakin paham risiko dari penyakit kedua orangtuanya.

Bahkan, Betrand sampai rela jika rasa sakit Ruben maupun Sarwendah harus dibagi pada dirinya.

 Betrand Peto

"Aku selalu bilang sama Tuhan, kalau memang sakitnya bisa dibagi Onyo mau ikut" ujar Betrand Peto, dikutip dari YouTube salah satu tayangan televisi swasta, Selasa (9/8/2022).

Meski begitu, Betrand juga ternyata berpikir lebih jauh lagi. Dirinya masih ingat akan dua adik-adiknya yang masih kecil yakni Thania dan Thalia Putri Onsu.

"Tapi Onyo juga mikir buat adik adik, kalau gak ada ayah bunda, cuma kita bertiga, kita bisa apa" lanjutnya.

Memang Ruben mengidap Empty Sella Syndrome yang membuat dirinya drop belakangan ini. Ia juga tak mampu di ruangan dingin ber-AC, selain itu kadang pandangannya juga jadi buram kalau di ruangan dingin.

Namun sejatinya, penyakit langka Empty Sella Syndrome bukanlah penyakit yang mengancam nyawa. Bahkan, sindrom tersebut bisa diobati dengan terapi medis.

"Empty Sella Syndrome (ESS) bukanlah kondisi yang mengancam nyawa. Pada kasus ESS primer, sindrom tidak menyebabkan masalah kesehatan lanjutan dan tidak memengaruhi harapan hidup pasien," ungkap laporan kesehatan yang diterbitkan di National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

Bicara soal gejala-gejala yang menyertai penderita ESS, laman tersebut menjelaskan bahwa ESS sekunder dapat membuat berhentinya menstruasi, infertilitas, kelelahan, maupun intoleransi terhadap stres dan infeksi.

BACA JUGA:Idap Empty Sella Syndrome, Ruben Onsu Tetap Pikirkan Konser Putranya 

Sedangkan, jika kasusnya terjadi pada anak-anak, ESS menyebabkan pubertas dini, defisiensi hormon pertumbuhan, tumor hipofisis, atau disfungsi kelenjar hipofisis.

(DRM)