Share

Kenali 2 Fase Kena Cacar Monyet, Gejalanya Khas Tapi Jarang Disadari

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 13:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Shutterstock)

SEORANG warga Jawa Tengah diduga tertular virus cacar monyet atau monkeypox. Kini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah pun tengah melakukan pengecekan apakah benar warga tersebut terinfeksi dengan virus cacar monyet.

Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar mengatakan, pasien tersebut saat ini menjalani isolasi dan kondisinya juga masih dipantau secara intensif oleh pihak rumah sakit setempat. Memang saat ini cacar monyet sudah dilabelkan sebagai darurat kesehatan internasional oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Ahli kesehatan dr. Ni Luh Putu Pitawati, SpKK menjelaskan bahwa ada dua fase bila seseorang terinfeksi virus cacar monyet. Fase pertama disebut fase akut memiliki gejala khas mungkin jarang diketahui, umumnya disertai demam tinggi mencapai 38 derajat.

Berikut rincian fase pertama (akut) selama 0-5 hari, antara lain;

- Demam tinggi (sampai 38 derajat Celcius)

- Kepala pusing

- Badan sakit, (pegal atau nyeri)

- Pembengkakan kelenjar getah bening (gejala khas)

"Dengan pasien monkeypox dari luar disampaikan memiliki gambaran klinis mengalami dua fase yang pertama fase akut dari 0-5 hari ditandaiadanya demam lebih dari 38 derajat Celcius," kata dr. Ni Luh Putu Pitawati, SpKK dari RSPI Sulianti Saroso dalam Siaran Sehat di Instagram Radio Kesehatan, Senin (8/8/2022).

"Keluhan sakit kepala dan nyeri atau pegal ditubuh dan gejala khasnya pembengkakan kelenjar getah bening," sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa fase kedua dari pasien cacar monyet ialah fase erupsi. Pasien banyak mengalami ruam tapi kemerahan di wajah hingga tubuh, kaki dan tangan.

"Kemudian akan diikuti dengan fase erupsi yaitu ruam kulit setelah melewati fase akut ya. Diawali dengan bercak kemerahan di wajah, kemudian ke tubuh, tangan dan kaki. Kemudian lanjut ke fase muncul bintil merah di wajah, tangan atau kaki," jelas dr Putu.

Berikut rincian fase kedua (erupsi) cacar monyet;

- Ruam atau kemerahan di area wajah, tubuh, tangan atau kaki

- Muncul bintil merah berisi cairan dan terasa keras (berkembang 5-7 hari)

- Bintil merubah jadi pustul atau lesi (luka) berisi nanah

"Bintil berkembang 5-7 hari menjadi lesi dan muncul lentil yang berisi cairan dan lebih dalam dan lebih keras. Bisa juga cairan dalam lesi yang awalnya bening jadi kekuningan seperti nanah (pustul)," katanya.

"Kemudian jadi koreng dan mengering terus meninggalkan kropeng dan kemudian lepas. kisarannya bisa selama 3 minggu (fase dialami)," sambung dr Putu.

1
2