Share

4 Cara Tepat Membersihkan Telinga, Bisa Tanpa Cotton Bud

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 16:20 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Cara Membersihkan Telinga (Foto: Shutterstock)

SEBANYAK 4 cara tepat membersihkan telinga selain menggunakan cotton bud dan pastinya lebih bersih.

Membersihkan telinga dengan cotton bud bisa berbahaya. Jika dilakukan terus-menerus, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa sangat menyakitkan. Ada cara yang lebih tepat dalam membersihkan telinga, dan tanpa cotton bud.

Berikut, 4 cara tepat membersihkan telinga secara alami yang dirangkum Okezone dari Boldsky:

1. Baby oil

Ya, baby oil juga bisa digunakan orang dewasa untuk membersihkan telinga. Teteskan baby oil ke dalam telinga Anda, lalu diamkan beberapa menit. Namun, pastikan Anda tidak memiliki bakat alergi dengan penggunaan baby oil.

2. Gunakan cairan hidrogen

Pergilah ke dokter THT jika ingin nyaman membersihkan telinga. Di sana, Anda diberikan cairan hidrogen yang aman sesuai dosis yang sudah diatur dokter. Biasanya, untuk perawatan lebih lanjut, Anda juga diresepkan obat khusus.

3. Larutan air garam

Wah, larutan air garam bisa menyingkirkan kotoran telinga Anda sampai bersih lho. Caranya, rendam garam dengan menggunakan air hangat. Kemudian teteskan ke dalam telinga Anda. Teknik seperti ini diklaim aman oleh para dokter.

4. Menggunakan Air Hangat

Membersihkan telinga menggunakan air hangat menjadi opsi paling mudah. Kamu cukup menyiapkan air hangat dan kain bersih. Celupkan air kain bersih tersebut kedalam air hangat dan lakukan secara rutin.

1
2