Share

Ini yang Terjadi ketika Tubuh Kita Kelebihan Kalsium

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 16:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Osteoporosis. (Foto: Shutterstock)

KALSIUM memang sangat diperlukan untuk menjaga tulang kita loh. Dibutuhkan kalsium harian itu sebesar 1.000-1.200 mg per hari unutk menjaga tulang kita dari berbagai masalah kesehatan, termasuk osteoporosis.

Tapi, bukan berarti mengonsumsi kalsium lebih banyak akan membuat tulang lebih kuat ya. Ketika kita mengonsumsi segala sesuatu berlebihan, tentu saja ini akan membawa masalah bagi kesehatan, salah satunya sebabkan hipertensi.

Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Rumah Sakit Orthopedi Siaga Raya dr Isa An Nagib, SpOT(K), FICS mengatakan, penting untuk memastikan kesehatan tulang bukan hanya asupan kalsium yang tercukupi, tapi diperlukan tambahan vitamin untuk proses penyerapan kalsium ke tulang secara prima. Karena itu, penyerapan kalsium juga perlu dibarengi dengan konsumsi magnesium, vitamin D3 dan K2 untuk memaksimalkan penyerapan kalsium ke dalam tulang.

"Akibat tingginya kalsium dalam darah karena tidak diserap ke tulang dengan baik adalah hipertensi," kata dr Isa dalam keterangan resminya.

Osteoporosis

Selain hipertensi, masalah lain yang bisa muncul dari tingginya kadar kalsium dalam darah karena tidak terserap dengan sempurna ke tulang adalah penyakit sumbatan pembuluh darah jantung, otot jantung rusak yang pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan irama jantung.

Tak hanya itu, munculnya plak pada dinding pembuluh darah termasuk pembuluh darah koroner jantung atau aterosklerosis pun bisa terjadi akibat kadar kalsium yang tinggi di dalam darah. Masalah kesehatan lain yang bisa terjadi adalah nyeri dada, terbentuknya batu di saluran kemih, hingga osteoartritis.

"Oleh karena itu, guna mengurangi penumpukkan kalsium dalam darah, diperlukan magnesium, vitamin D3, dan vitamin K2," terang dr Isa.

Magnesium, vitamin D3, dan vitamin K2 sendiri tak harus didapat dari suplemen, tapi bisa dari makanan sehari-hari. Magnesium bisa didapat dari tahu, pisang, kacang-kacangan, sayuran hijau, ataupun alpukat.

Sementara itu, dr Isa menyampaikan bahwa makanan yang tinggi vitamin K2 itu antara lain produk susu, hati dan daging organ lainnya, daging sapi, kuning telur, dan salmon. Lalu, vitamin D3 bisa didapat dari ikan berminyak seperti salmon, telur, susu, keju, yogurt, maupun susu kedelai.

"Kalau dirasa sulit untuk memastikan asupan alami tercukupi, bila perlu Anda bisa optimalkan kebutuhan harian akan magnesium, vitamin K2, D3, pun kalsium dari suplemen yang mengandung itu semua," sarannya.

1
2