Share

China Perpendek Masa Suspend Pesawat yang Angkut Penumang Positif Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 07 Agustus 2022 16:35 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock)

KASUS Covid-19 memang mengalami kenaikan di beberapa negara, termasuk China. Bahkan penerbangan di China sempat terganggu lantaran ada penemuan kasus Covid-19 di sebuah penerbangan.

Otoritas China pun memberikan masa suspen atau penangguhan sementara penerbangan. Melansir CNA, regulator penerbangan China mengungkapkan apabila ada rute dengan kasus virus corona yang teridentifikasi, maka akan disuspen selama satu minggu, dengan catatan 4 persen penumpang dinyatakan positif.

Masa suspend akan diperpanjang menjadi dua minggu jika 8 persen penumpang dinyatakan positif. Waktu suspend ini memang dipersingkat, lantaran sebelumnya jika ditemukan ada 5 penumpang dinyatakan positif, penerbangan maskapai untuk rute itu akan ditangguhkan selama 2minggu.

Lalu masa penangguhan akan berlangsung selama 4 minggu, jika ditemukan 10 atau lebih penumpang dinyatakan positif. Sehubungan dengan itu, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan sudah 868 kasus virus corona baru untuk 6 Agustus, di mana 390 di antaranya bergejala dan 478 tidak menunjukkan gejala.

Sementara tempat liburan negara Sanya, sebuah kota di ujung selatan pulau Hainan. Saat ini sedang bergulat dengan wabah dan telah mencatat 615 kasus bergejala dan 213 kasus tanpa gejala dari 1 Agustus hingga 6 Agustus.

Akhirnya Kota itu, memberlakukan penguncian atau lockdown pada hari Sabtu. Sekadar informasi, Cina mengatakan tidak ada kematian baru, sehingga jumlah kematian di negara itu mencapai 5.226.

(mrt)