Share

Ayu Aulia Suspek Leukimia, Simak Yuk Cara Pencegahannya!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 04:00 WIB
$detail['images_title']
Ayu Aulia suspek leukimia (Foto: inst)

SELEBGRAM Ayu Aulia sempat dilarikan ke rumah sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (4/8/2022) dini hari.

Perempuan yang sempat dekat dengan Zikri Daulay itu menjalani perawatan medis di RS usai menderita beberapa penyakit. Dia mengalami demam hingga muntaber.

Selain itu, Ayu Aulia juga dikabarkan mengidap leukemia dan kista.

 Ayu Aulia

"Muntah-muntah terus BAB kalau riwayat sakit jelas ada kista, suspek leukemia juga," tutur Ayu Aulia sebelum menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan.

Perlu diketahui, Leukemia adalah kanker pada darah dan sumsum tulang yang disebabkan oleh produksi sel-sel darah putih secara tidak normal.

Walaupun jumlahnya tinggi, sel darah putih tidak dapat melawan infeksi dan justru menghambat produksi sel darah merah dan trombosit.

Berdasarkan cepat atau lambatnya perkembangan kanker, leukemia terbagi menjadi leukemia akut dan leukemia kronis. Keduanya kemudian dibagi kembali ke dalam dua kategori berdasarkan tipe sel darah putih yang terserang kanker, yakni limfosit atau myeloid.

 BACA JUGA:Ayu Aulia Suspek Leukimia, Apa Saja Gejalanya?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah Leukimia, antara lain:

- Menghindari kebiasaan merokok

- Menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan aktif berolahraga

- Menjauhi paparan bahan kimia berbahaya seperti benzena, formaldehida, dan radon. Sumber paparan di sekitar lingkungan rumah biasanya berasal dari pembasmi serangga, asap kendaraan, bensin tanpa timbal, dan pembasmi tanaman hama

-Hindari kegemukan atau obesitas sebab hal itu meningkatkan risiko leukemia. Oleh karena itu, Anda bisa menurunkan risiko Leukimia berusaha menjaga berat badan ideal

- Membatasi paparan radiasi yang berasal dari sinar-X, CT scan, dan alat sejenisnya.

(DRM)