Share

Makin Turun Seiring Pertambahan Usia, Kebutuhan Kolagen Bisa Didapat dari Makanan Ini

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 14:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

KOLAGEN berperan penting dalam kesehatan dan kecantikan kulit tubuh. Kolagen dalam tubuh, berfungsi vital dalam peran penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Namun sayangnya, seperti dikatakan Ahli Gizi dr. Yohan Samudra, kandungan kolagen bisa menurun seiring bertambah usia seseorang. Mulai berkurangnya kolagen inilah yang menyebabkan kulit menjadi keriput dan menurun pula elastisitasnya.

"Usia 20-30 tahun kolagen mengalami kenaikan, 30 tahun ke atas bisa menurun. Elastisitas kulit menurun seiring dengan bertambahnya usia," ujar dr. Yohan Samudra dalam acara The World of Collagen by NutriVille, baru-baru ini.

Kolagen yang merupakan 25 persen sampai 30 dari protein dalam tubuh ini, diungkap dr. Yohan, bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang mengandung protein.

Menurut dr Yohan memenuhi kebutuhan protein bagi kesehatan, dengan rumus 1 kali berat badan (BB) ideal.

"Karena ini berkaitan sesuai dengan berat badan jadi kalau BB 60 kg jadi 60 g. Perbanyak makan sumbern protein, contohnya makan steak beratnya 160 gram, maka protein yang didapatkan sekitar 6 gram," jelasnya.

Bagaiman dengan minuman? Minuman kolagen juga bisa membantu untuk asupan kolagen ke tubuh, kandungan proteinnya bisa dilihat dari kandungan atau info nilai gizi di kemasan.

Dokter Yohan menegaskan, tidak ada kaitannya dengan kerusakan ginjal bila mengonsumsi protein secara berlebih.

"Mitos ya untuk kebanyakan protein dapat merusak ginjal. Sehingga tidak masalah mengkonsumsi protein 2 dua dari berat badan, karena kembali lagi ke badan," tandasnya.

 BACA JUGA:4 Makanan Sumber Kolagen, Bikin Kulit Makin Sehat

BACA JUGA:Punya Segudang Manfaat, Kini Ada Kopi dengan Kolagen dan Glutathione untuk Kesehatan kulit!

(rpa)