Share

Orang yang Belum Divaksin Covid-19 Berisiko 30 Kali Lipat Dirawat di RS?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 22:35 WIB
$detail['images_title']
Risiko masuk RS meningkat jika belum vaksin (Foto: Pittsburgh gazette)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terus meminta masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster Covid-19. Apalagi, bagi orang-orang yang belum melengkapi dua dosis primer vaksin Covid-19.

Mendapatkan vaksinasi Covid-19 hingga dosis ketiga (booster), jadi sangat penting sebagai salah satu upaya perlindungan diri dan menurunkan risiko keparahan hingga perawatan di rumah sakit.

 Menkes Budi

Menkes Budi memperingatkan, risiko dirawat rumah sakit yang tinggi akibat Covid-19 pada orang-orang yang belum menerima vaksin atau belum melengkapi dosis vaksin Covid-19.

"Orang yang belum divaksin, risiko masuk RS akibat Covid-19 itu, 30 kali lipat dibandingkan orang yang sudah dibooster," terang Menkes Budi belum lama ini.

Sedangkan orang-orang yang divaksin satu dosis, punya risiko masuk rumah sakit akibat Covid-19 itu sekitar 20 kali lipat dibanding orang yang sudah dibooster.

Sedangkan bagi orang yang baru divaksin dua dosis, risiko kesakitan hingga dirawat di rumah sakit adalah 10 kali lipat di atas orang yang sudah menerima vaksin booster.

 BACA JUGA:Cacar Monyet Sudah Punya 2 Vaksin dan 3 Obat yang Bisa Digunakan

Ini menandakan betapa pentingnya mendapatkan perlindungan dari vaksin booster, terlebih di masa sekarang penyebaran subvarian Omicron BA.5 cukup mendominasi di Indonesia. Subvarian ini pun dikenal mampu meloloskan diri dari antibodi yang terbentuk dari vaksinasi maupun infeksi alami.

(DRM)